Minggu, 25/10/2020 14:11 WIB

Dampak Gempa-Tsunami Sulteng Hingga Poso dan Parigi

BNPB telah menyiapkan anggaran siap pakai untuk penanganan bencana di Sulawesi Tengah dengan dana yang dimiliki Rp560 miliar.

Dampak Gempa Sulteng

Jakarta  - Informasi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ternyata ada dua wilayah lagi yang terkena dampak Gempa dan Tsunami di wilayah Sulawesi Tengah selain Kota Palu dan Donggala, yakni Poso dan Parigi Mountong.

hal itu dipastikkan Juru Bicara BNPB,  Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, ternyata yang terkena dampak tidak hanya Kota Palu dan Kabupaten Donggala.  Hingga kini BNPB masih belum bisa melakukan komunikasi untuk mengetahui jumlah korban dan dampak bencana gempa di tiga kabupaten tersebut.

“Kabupaten Donggala dan lainnya belum ada laporan. Komunikasi masih lumpuh, listrik masih padam, sehingga menyebabkan aktivitas lain terganggu. Ada tiga  kabupaten belum bisa melaporkan secara intensif kita tidak tahu secara pasti,” jelas Sutopo.

Sutopo mengatakan, BNPB telah menyiapkan anggaran siap pakai untuk penanganan bencana di Sulawesi Tengah dengan dana yang dimiliki Rp560 miliar. Namun terkendala karena juga digunakan untuk penanganan pasca gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

“Dampak gempa Lombok belum selesai dan  membutuhkan dana triliunan. Kemudian  ditambah kebutuhan dana menangani dampak di Sulteng. Selain itu juga bantuan teknis manajerialnya bagaimana penetapan statusnya, bagaimana pengorganisasian,” pungkas dia.

TAGS : Gempa Tsunami Palu Donggala Poso




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :