Jum'at, 26/04/2024 15:52 WIB

Menteri Amran Galang Dana Gempa Sulteng

Kementan memberikan instruksi kepada seluruh jajaran ASN Lingkup Kementerian Pertanian (Kementan) mendukung Gesbuk.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman (Foto: Supi/Jurnas.com)

Jakarta - Menteri Pertanian (Kementan), Andi Amran Sulaiman memberikan instruksi kepada seluruh jajaran ASN Lingkup Kementerian Pertanian (Kementan) mendukung Gesbuk (Gerakan Seratus Ribu untuk Kemanusian, Red)

Penggalangan dana itu dimaksudkan untuk membantu  program pemulihan pasca bencana gempa berkekuatan 7,7 SR mengguncang Donggala, Sulawesi Tengah. Imbauan itu pun langsung diamini para jajaran ASN Lingkup  Kementan.

Diharapkan dana itu terkumpul  tersebut pada saat Upacara Hari Kesaktian Panca Sila, yang akan dilaksanakan serempak diseluruh Unit Kerja Kementan di seluruh Indonesia pada Senin (1/10).

Kementan sebagai instansi pemerintah, senantiasa memobilisasi bantuan teknis dan sarana prasarana untuk pemulihan pasca bencana. Apalagi Kementan juga memiliki berbagai "Unit Kerja Pelayanan Teknis" (UPT) di Sulawesi Tengah, seperti di Stasiun Karantina Pertanian di Bandara dan Pelabuhan Laut serta BPTP di Kota Propinsi.

Unit Kerja di lingkup kementan, khususnya Badan Karantina dan Badan Litbang Pertanian sudah membentuk posko bencana, serta terlibat langsung dengan Posko Nasional di bawah kendali Kemenpolhukam.

Sebelumhya, Menteri Amran juga turut menggalang dana untuk bencana Lombok, yang melibatkan stake holder kementerian pertanian dan berhasil menggalang dana hingga Rp10 milyar, yang sudah disalurkan melalui program pasca bencana di Lombok.

Sebagai instansi Pemerintah, Kementan akan melakukan kegiatan serupa di Lombok untuk  penanganan bencana yang dialami Masyarakat Sulawesi khususnya  para Petani yang terdampak bencana, berkoordinasi dengan Posko Nasional.

Kementan juga sudah melakukan berbagai program seperti, asuransi pertanian untuk petani padi atau tenaman semusim lainnya maupun usaha peternakan yang terkena bencana.

Bencana Gempa Bumi, pada umumnya banyak merugikan Masyarakat Tani, khususnya Tanaman Semusim maupun  Usaha Ternak, pasca gempa dan bencana, suda dapat dipastikan Kementerian Pertanian akan terlibat langsung dalam penanganan pemulihannya berkoordinasi dengan kementerian terkait dan Pemerintah Propinsi maupun Kabupaten disetiap lokasi Bencana

KEYWORD :

Kementan Andi Amran Sulaiman Sulawesi Tengah gempa




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :