Rabu, 21/10/2020 03:46 WIB

Elon Musk Mundur Jadi Dewan Direktur Tesla

Saham melonjak lebih dari 10 persen setelah pengumuman, tetapi pada 25 Agustus, Musk mengumumkan ia telah memutuskan untuk tidak mengambil Tesla pribadi, mengutip keinginan investornya.

Elon Musk, pendiri dan CEO SpaceX (Foto:vis Sky News)

Jakarta - Elon Musk setuju untuk mundur sebagai ketua dewan direktur Tesla untuk menyelesaikan gugatan oleh Securities and Exchange Commission AS menuduh dia menyesatkan investor, Sabtu (29/09) waktu setempat.

Pengusaha Kanada itu juga harus membayar denda $ 20 juta. Musk akan mempertahankan perannya sebagai CEO perusahaan, tetapi Tesla harus menambahkan dua direktur independen ke dewannya.

Musk, yang harus mengundurkan diri dewan dalam waktu 45 hari, akan dilarang bergabung kembali selama tiga tahun. Musk dan Tesla setuju untuk menyelesaikan gugatan tanpa mengakui kesalahan apa pun.

Dilansir UPI, SEC menggugat Musk pada Kamis setelah menulis lewat akun twitternya pada Agustus lalu bahwa ia telah mendapatkan dana untuk mengambil mobil pribadi, menyebabkan saham Tesla naik.

Pemerintah mengatakan Musk membuat tweet karena dia belum benar-benar mendiskusikan atau mengkonfirmasi ketentuan kunci dari kesepakatan, seperti harga, dengan sumber pendanaan potensial.

"Musk membuat pernyataan publiknya yang salah dan menyesatkan tentang mengambil Tesla pribadi menggunakan ponselnya di tengah hari perdagangan yang aktif," kata keluhan itu.

"Dia tidak membahas isi pernyataan dengan orang lain sebelum mempublikasikannya ke lebih dari 22 juta pengikut Twitter dan siapa pun dengan akses ke Internet. Dia juga tidak memberi tahu Nasdaq bahwa ia bermaksud untuk membuat pengumuman publik ini, seperti Nasdaq aturan yang diperlukan. "

Namun Musk membantah tuduhan itu, yang disebutnya sesuatu yang tidak bisa dibenarkan. "Tindakan yang tidak dapat dibenarkan oleh SEC membuat saya sangat sedih dan kecewa," katanya.

"Saya selalu mengambil tindakan demi kepentingan terbaik perusahaan, transparansi, dan investor. Integritas adalah nilai terpenting dalam hidup saya dan fakta-fakta akan menunjukkan saya tidak pernah mengkompromikan ini dengan cara apa pun."

Musk memposting tulisan tentang pengambilan perusahaan swasta pada 7 Agustus sesaat sebelum perdagangan untuk saham Tesla berhenti sekitar pukul 2 malam EDT di $ 367 per saham.

"Saya mempertimbangkan untuk mengambil Tesla seharga $ 420. Dana dijamin," tulisnya. "Pemegang saham bisa menjual 420 atau menahan saham."

Saham melonjak lebih dari 10 persen setelah pengumuman, tetapi pada 25 Agustus, Musk mengumumkan ia telah memutuskan untuk tidak mengambil Tesla pribadi, mengutip keinginan investornya.

Musk menambahkan bahwa waktu dan uang juga memotivasi keputusan, yang ia capai setelah bertemu dengan dewan direksi Tesla

TAGS : Elon Musik Tesla




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :