Sabtu, 20/04/2024 06:06 WIB

Seni Menikmati dan Menyeduh Teh dengan Benar

Semakin berkhasiat teh warnanya semakin mendekati red wine yang ungu kemerahan.

Tak sekadar minum, China miliki tradisi menyeduh teh yang menarik (Foto: Ecka Pramita)

Jakarta - Teh tak hanya sekadar daun yang bisa diseduh menjadi minuman. Selama berabad-abad, teh telah menjadi bagian dari budaya berbagai bangsa di dunia, termasuk Indonesia.

Kali ini Anda diajak mengenal lebih jauh mengenai teh dunia dan budayanya, manfaat teh bagi kesehatan, serta seni menyeduh teh yang dipersembahkan Siangming Tea dan Kopi Oey.

Tea Master Sensei Suwarni mengajak Anda mengenal ragam jenis teh yang miliki khasiat untuk kesehatan. "Minum teh sufahenjadi tradisi masyarakat Tiongkok, dalam berbagai acara," ucap satu-satunya Tea Master di Indonesia ini di Jakarta, Senin (24/9).

Seduhan pertama Sensei Mulai dengan racikan teh YunNan dari China Selatan. Saat gelas-gelas baru kembali diangsurkan, kami segera menyeruput, mumpung masih hangat.

Tak hanya warnanya yang coklat pekat, aromanya juga ternyata sangat kuat, tercium khas daun teh namun beda dengan teh melati di Indonesia.

Tetapi jangan ditanya khasiatnya. Khasiat teh China berbanding terbalik dengan rasanya. Menurut Sensei jenis teh ini sangat bermanfaat untuk kesehatan. "Selama minum teh ini saya sangat jarang kena batuk, pilek atau bahkan radang tenggorokan," tutur Sensei.

Selesai dengan cangkor pertama, Sensei kembali menyeduh teh. Kali ini warnanya jauh lebih pekat, coklat  Teh kedua itu bernama pu er tea. Jenis yang sangat terkenal di seluruh pelosok China. Manfaatnya pun amat beragam.

”Bila diminum satu jam sebelum makan, teh pu er bermanfaat menambah nafsu makan. Namun, bila dikonsumsi satu jam setelah makan, teh pu er bermanfaat untuk meluruhkan lemak dan kolesterol,” tambah Sensei

Teh dari China semuanya merupakan hasil fermentasi. Dalam penyeduhannya, bisa dicampur atau dikombinasikan dengan berbagai bahan seperti jeruk, madu, susu, dan anggur agar rasanya makin enak.

Jadi Anda tertarik ingin mencoba teh khas China?

KEYWORD :

Teh Seni China Sensei Suwarni




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :