Senin, 22/10/2018 20:13 WIB

Fox dan Comcast Berebut Saham Sky

Dengan 23 juta pelanggan dan hak siar Liga Inggris musim ini, Sky menjadi salah satu perusahaan TV yang dinilai paling menguntungkan dan kuat di Eropa.

Sky TV (Foto: AFP)

London – Persaingan memperebutkan operator televisi Eropa, Sky, antara 21st Century Fox dan Comcast terus memuncak hingga Sabtu (22/9) siang. Kedua korporasi media terbesar di dunia itu bersaing dalam perebutan 61 persen saham Sky.

Bukan tanpa alasan Sky menjadi rebutan. Dengan 23 juta pelanggan dan hak siar Liga Inggris musim ini, Sky menjadi salah satu perusahaan TV yang dinilai paling menguntungkan dan kuat di Eropa.

Dilansir dari AFP, Comcast kabarnya telah menawarkan harga sebesar 26 miliar pounds atau US$34 miliar untuk Sky. Sementara Fox menaikkan tawaran menjadi 24,5 miliar pounds.

“Sabtu ini akan menjadi penenti siapa yang akan menjadi pemilih saham Sky,” demikian tulis AFP.

Dilaporkan, lelang yang berlangsung Sabtu ini juga berubah menjadi persaingan proksi antara Comcast dan Disney. Sebab diketahui, Disney baru saja melakukan merger dengan Fox beberapa waktu lalu.

Comcast saat ini memiliki Universal Studio, dan saluran televisi Amerika Serikat, yakni NBC dan CNBC. Disney pun tak kalah hebat, perusahaan milik konglomerat kelahiran Australia, Murdoch itu menguasai film, taman hiburan, hingga jaringan TV AS dan saluran olahraga ESPN.

Sky saat ini melakukan trading saham seharga 15,85 pounds per saham, di atas harga penawaran terbaru Comcast senilai 14,75 pounds per lembar saham.

TAGS : Sky Fox Comcast Saham Trading




TERPOPULER :