Selasa, 31/03/2020 08:23 WIB

Tuan Rumah Olimpiade 2032, Indonesia Dihadang Duo Korea

Korea Utara (Korut) dan Korea Selatan (Korsel) juga mengajukan tawaran yang sama pada Rabu (19/9).

Lambang Olimpiade

Seoul – Rencana Indonesia menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 sepertinya tidak akan berjalan mulus. Pasalnya, Korea Utara (Korut) dan Korea Selatan (Korsel) juga mengajukan tawaran yang sama pada Rabu (19/9).

Keputusan ini merupakan buntut pertemuan Pemimpin Korut Kim Jong Un dan Presiden Korsel Moon Jae In hari ini (19/9), yang diharapkan dapat mencairkan hubungan diplomatik kedua negara, yang memanas sejak Perang Korea 1950.

“Selatan dan Utara sepakat berpartisipasi bersama dalam kompetisi internasional Olimpiade Musim Panas 2020, dan menawarkan diri untuk Olimpiade Musim Panas 2032,” demikian bunyi pernyataan tersebut.

Kemesraan Korut dan Korsel, yang secara teknis masih berperang, memang telah tampak dalam beberapa ajang olahraga internasional akhir-akhir ini.

Februari lalu, atlet dari kedua negara mengibarkan bendera unifikasi (penyatuan) dalam pembukaan Olimpiade Musim Dingin yang digelar di Seoul, Korsel. Pada iven Asian Games 2018 di Jakarta, Korut dan Korsel juga melakukan hal serupa.

Keinginan menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 juga datang dari Indonesia. Pada awal September lalu, Presiden Joko Widodo mengatakan Indonesia telah siap menjadi tuan rumah, berbekal kesuksesan menggelar Asian Games 2018.

Indonesia berencana menghadiri sebagai kandidat tuan rumah Olimpiade tahun 2032,” kata Jokowi waktu itu.

TAGS : Olimpiade Korea Utara Korsel Indonesia




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :