Rabu, 17/04/2024 02:40 WIB

Baznas Gandeng Gojek Bangun Kembali Lombok

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kembali menggandeng salah satu perusahaan yang bergerak di bidang online, Gojek untuk berkolaborasi dalam membantu para korban di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Baznas bersama Gojek

Jakarta – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) kembali menggandeng salah satu perusahaan yang bergerak di bidang online, Gojek untuk berkolaborasi dalam membantu para korban di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Pada Jumat (14/09) Baznas mengumumkan nilai donasi hasil kerja sama penggunaan platform GO-TIX, salah satu layanan Go-Jek untuk korban gempa di Lombok, NTB yang diberikan pengguna Go-Jek kepada Baznas.

Pengumuman jumlah donasi hasil kerja sama penggunaan platform Go-Jek oleh Baznas ini secara simbolik diwakili oleh Anggota Baznas Emmy Hamidiyah dengan VP GO-TIX Ario Adimas.

Seperti diketahui, Lombok, Nusa Tenggara Barat dilanda gempa bumi yang cukup dahsyat sehingga melumpuhkan aktivitas masyarakat sekitar. Baznas memiliki misi untuk membantu masyarakat sekitar dengan kampanyenya "Membangun Kembali Lombok".

Dalam kampanye ini, Baznas menggandeng berbagai lembaga termasuk di dalamnya GO-TIX, salah satu layanan Go-Jek. Sejak dibuka mulai 8 Agustus hingga 28 Agustus lalu, donasi yang diberikan oleh pengguna Go-Jek kepada Baznas dengan memanfaatkan layanan GO-TIX tercatat sebesar Rp463.735.800.

Melalui kerjasama ini, para pengguna Go-Jek yang ingin membantu korban gempa di Lombok, NTB bisa berdonasi kepada Baznas dengan memanfaatkan layanan GO-TIX yang ada di aplikasi Go-Jek. Para pengguna bisa berdonasi kepada Baznas mulai dari Rp5.000 hingga Rp100.000 berlaku kelipatan.

Anggota Baznas Emmy Hamidiyah mengapresiasi kerjasama Baznas dengan GO-TIX dalam memudahkan masyarakat berdonasi. Ia mengatakan, Baznas selalu mencari cara baru untuk mempermudah masyarakat berdonasi, terlebih untuk membantu masyarakat yang tertimpa musibah di Lombok, NTB.

“Kami sangat mengapresiasi niat baik dari GO-TIX untuk memudahkan masyarakat dalam berdonasi, khususnya bagi saudara kita yang terkena musibah gempa di Lombok, NTB. Dan ini sejalan juga dengan misi Baznas untuk membangun kembali Lombok pasca gempa dahsyat yang mengguncang. Kemudahan yang diberikan GO-TIX juga salah satu upaya kami dalam meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” tutur Emmy.

Emmy mengatakan, pada program Membangun Kembali Lombok, Baznas memberikan bantuan strategis berupa rumah sakit lapangan, pembuatan fasilitas mandi cuci dan kakus (MCK) sementara. Selain itu, Baznas juga mengupayakan revitalisasi jaringan telepon dan listrik yang terputus, melatih korban dengan program trauma healing serta mendirikan hunian sementara.

Dia melanjutkan, hasil kerja sama dengan GO-TIX akan mendukung program-program yang dijalankan Baznas di Lombok khususnya untuk pemulihan. “Bantuan dari masyarakat kepada Baznas hasil kerja sama dengan GO-TIX akan sangat bermanfaat untuk program pemulihan korban gempa di Lombok, seperti untuk pembangunan sekolah darurat, layanan darurat serta hunian sementara.”

Sementara itu, VP GO-TIX Ario Adimas mengatakan “Kami sangat bersyukur dengan jumlah donasi hasil kerja sama GO-TIX dan Baznas. Kami mengucapkan terima kasih kepada para pengguna Go-Jek yang telah ikut serta berdonasi. Hal tersebut menunjukkan bahwa layanan on-demand yang disediakan Go-Jek merupakan salah satu alternatif platform untuk Baznas dalam mengumpulkan donasi yang banyak digunakan oleh masyarakat untuk bersedekah,” tutur Adimas.

Adimas berharap hasil kerja sama GO-TIX dan Baznas dapat membantu dalam membangun kembali Lombok sehingga masyarakat bisa beraktivitas seperti sedia kala. Kolaborasi GO-TIX dengan Baznas telah terjalin sejak lama untuk menyediakan pilihan mekanisme berdonasi bagi masyarakat. Pada Ramadhan lalu, Go-Jek melalui layanan GO-TIX berkolaborasi dengan Baznas memberikan akses kepada masyarakat untuk berdonasi kepada Baznas melalui program hidangan Ramadhan.


Selain itu, lewat GO-TIX, pengguna juga dapat berdonasi kepada Baznas melalui program Layanan Aktif Baznas. Program tersebut merupakan kegiatan bantuan langsung yang diberikan kepada masyarakat kurang mampu dalam berbagai bentuk layanan yang dilakukan di Jabodetabek. GO-TIX merupakan salah satu layanan Go-Jek yang kini dikelola oleh loket pasca diakuisisi oleh Go-Jek.

KEYWORD :

Baznas Zakat Lombok




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :