Jum'at, 16/11/2018 23:26 WIB

Trump Ancam Serang Suriah Lebih Mengerikan

Para pejabat AS mengatakan, beberapa hari terakhir menmukan bukti, pasukan pemerintah Suriah sedang mempersiapkan senjata kimia untuk menyerang  kantong yang dikuasai pemberontak di Idlib di bagian barat laut negara itu.

Ilustrasi, pemerintah Amerika Serikat siap gempur Suriah (Foto: AFP)

Washington - Penasehat keamanan nasional Presiden Donald Trump mengatakan Amerika Serikat, Inggris dan Perancis sepakat akan merespon lebih keras dari serangan udara sebelumnya jika pemerintah Suriah terbukti menggunakan senjata kimia.

"Kami telah mencoba menyampaikan pesan dalam beberapa hari terakhir bahwa jika ada penggunaan ketiga senjata kimia, tanggapan akan jauh lebih kuat," kata John Bolton dilansir Reuters, Selasa (11/9).

"Saya dapat mengatakan bahwa kami telah berkonsultasi dengan Inggris dan Perancis, yang bergabung dengan kami dalam pemogokan kedua, dan mereka juga setuju bahwa penggunaan senjata kimia lain akan menghasilkan respons yang jauh lebih kuat," kata Bolton.

Para pejabat AS mengatakan, beberapa hari terakhir menmukan bukti, pasukan pemerintah Suriah sedang mempersiapkan senjata kimia untuk menyerang  kantong yang dikuasai pemberontak di Idlib di bagian barat laut negara itu.

Jenderal Marinir Joseph Dunford, ketua Kepala Staf Gabungan, mengatakan kepada wartawan akhir pekan lalu bahwa ia terlibat dalam dialog rutin dengan Gedung Putih tentang opsi militer jika Suriah mengabaikan peringatan AS terhadap penggunaan senjata kimia.

Presiden Suriah Bashar al-Assad telah mengumpulkan pasukannya dan pasukan sekutu di garis depan di barat laut, dan pesawat Rusia telah bergabung dengan pemboman pemberontaknya di sana, sebagai pendahuluan terhadap serangan yang secara luas diperkirakan kendati ada keberatan dari Turki.

Bolton mengutuk Pengadilan Pidana Internasional. Ia  mengatakan kegagalan badan hukum untuk bertindak sebagai tanggapan terhadap serangan senjata kimia sebelumnya adalah bukti bahwa itu tidak efektif dalam menghalangi kejahatan perang.

IA juga menepis klaim bahwa tindakan AS terhadap Suriah mendorong pemberontak Al Qaeda untuk menggunakan senjata kimia dan menyalahkan serangan terhadap pemerintah Damaskus.

"Pemerintah Rusia dan yang lain telah mengatakan bahwa kami memberikan otorisasi untuk Al Qaeda untuk menggunakan senjata kimia dan mencoba dan pin pada pemerintah Suriah," kata Bolton pada malam serangan 11 September 2001 di AS

"Itu harus, dalam sejarah propaganda di abad ke-20 dan 21, salah satu klaim yang paling memalukan yang dapat saya pikirkan," sambungnya.

TAGS : Suriah Amerika Serikat senjata kimia Idlib




TERPOPULER :