Kamis, 20/09/2018 15:33 WIB

Konflik Libya Tewaskan 78 Orang

Korban tewas itu terenggut selama konflik yang berlangsung sejak 26 Agustus hingga Selasa lalu

Ilustrasi Pasukan Libya

Tripoli - Jumlah korban tewas selama konflik yang berlangsung sejak 26 Agustus hingga di ibu kota Libya, Tripoli, mencapai 78 orang dan 210 lainnya mengalami luka-luka.

Konflik antara pasukan bersenjata brigade yang tergabung dalam Pemerintah Rekonsiliasi Nasional Libya yang dimulai 26 Agustus lalu berlangsung berdarah.

Di satu sisi Brigade Ketujuh Tarhuna mengungkapkan bahwa pihaknya tengah berupaya untuk membersihkan ibu kota dari para milisi. Di sisi lain, menurut pihak lainnya, konflik yang terjadi di Tripoli didalangi brigade ini.

Usai bentrokan tersebut, Pemerintah Rekonsiliasi Nasional Libya menyatakan bahwa Brigade Ketujuh Tarhuna telah diberhentikan sejak April lalu dan pasukan bersenjata itu bukan dari kelompok yang tergabung di dalamnya.

Pada 4 September lalu, pihak-pihak yang bertikai menyepakati gencatan senjata di bawah naungan PBB. Sementara PBB mengumumkan sebanyak 66 tewas dan 187 lainnya terluka akibat konflik tersebut.

Libya terjebak dalam kekacauan sejak 2011, ketika pemberontakan berdarah yang didukung NATO mengakibatkan tewasnya Muammar Gaddafi setelah lebih dari empat dekade berkuasa.

Sejak itu, kekuatan politik Libya pecah menjadi dua–satu di Tobruk dan lainnya di Tripoli–dan kelompok-kelompok milisi bersenjata lengkap bermunculan. (AA)

TAGS : Kudeta Tripoli Libya Konflik




TERPOPULER :