Senin, 19/11/2018 18:55 WIB

Agustus, Madrasah Panen Medali

Ahmad Umar mengatakan di beberapa kompetisi madrasah terbukti sukses membawa hasil positif dengan raihan medali.

Tim MTsN 1 Kota Malang di Melbourne, Australia

Jakarta – Sepanjang Agustus 2018 lalu, madrasah menorehkan sejumlah catatan bagus di berbagai kompetisi, baik nasional maupun internasional.

Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan, dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kementerian Agama (Kemenag) Ahmad Umar mengatakan, di beberapa kompetisi madrasah terbukti sukses membawa hasil positif dengan raihan medali.

Di level nasional, Tim Robotik Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 3 Jember meraih juara pertama tingkat siswa-mahasiswa, dalam ajang Ebotec 8 di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta pada akhir Agustus. MAN 3 Jember berhasil menang di kategori Robotic Lowcost Innovation.

Hal tak kalah membanggakan juga datang dari Madrasah Ibtidaiyah (MI) Terpadu Ar Roihan, Malang, Jawa Timur. Dalam iven 11th National Competition 2018 Robotic Level di Sinarmas World Education International School, BSD Serpong, pada 24-25 Agustus, MI Ar Roihan mendapat predikat Best of the Best Construction di kategori construction.

Sementara di kategori desain, MI Ar Roihan meraih juara ke-3 dalam ajang yang diikuti oleh 600 peserta dari berbagai kota di Indonesia tersebut.

Dari ajang internasional, madrasah kembali membuktikan diri lewat Tim Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Malang. Kayana Ayunda Diyanti, Ananda Amalya Hasya, dan Rabia Hana Prabandari, sukses menyumbang lima medali emas dan dua perak, dalam kompetisi World Scholar’s Cup Global Round 2018, di Melbourne, Australia, pada 17-26 Agustus.

Mengomentari keberhasilan ini, Umar menyatakan kebanggaannya pada madrasah Indonesia. Dia bersyukur siswa madrasah mulai berani unjuk gigi di kompetisi lokal maupun internasional.

“Hal ini penting, karena ke depan siswa madrasah harus berani berkompetisi. Jika jadi juara, itu sesuatu yang luar biasa,” kata Umar saat dihubungi Jurnas.com, pada Selasa (4/9).

Umar juga berharap, sekelumit prestasi yang ditorehkan sepanjang Agustus lalu, menjadi pelecut semangat bagi madrasah-madrasah lainnya di seluruh Indonesia.

TAGS : Pendidikan Madrasah Kementerian Agama




TERPOPULER :