Minggu, 18/11/2018 17:56 WIB

Polling: Mayoritas Rakyat Skotlandia Dorong Referendum Pasca Brexit

Dalam sebuah jajak pendapat yang digelar Minggu (2/9) kemarin, mayoritas rakyat Skotlandia menghendaki kemerdekaan dari Inggris (Britania).

Brexit

London – Keluarnya Inggris dari Uni Eropa (Brexit) rupanya mendorong publik Skotlandia untuk melakukan referendum. Dalam sebuah jajak pendapat yang digelar Minggu (2/9) kemarin, mayoritas rakyat Skotlandia menghendaki kemerdekaan dari Inggris (Britania).

Wacana referendum pernah berhembus pada 2014 lalu, namun sempat berhenti, sebelum akhirnya keluarnya Inggris dari Uni Eropa memancing perdebatan masa depan Skotlandia, yang menjadi bagian dari Inggris Raya bersama Wales dan Irlandia Utara.

Pada 2016, mayoritas pemilih Skotlandia mendukung tinggal di Uni Eropa saat voting Brexit digelar oleh Inggris Raya. Namun pasca Brexit, kini Inggris berada di pintu keluar, dan siap meninggalkan Uni Eropa per 29 Maret 2019 mendatang.

Jajak pendapat yang dilakukan akhir pekan lalu menunjukkan, jika Inggris bersikeras keluar Uni Eropa, 47 persen voters memilih referendum. Hanya 43 persen yang konsisten menentang referendum. 10 persen lainnya menyatakan abstain.

Akan tetapi jika kondisi berbalik, yakni Inggris tetap berada di Uni Eropa, 43 persen mendukung referendum Skotlandia, dan 47 persen lainnya menentang referendum tersebut.

Jajak pendapat dilakukan oleh Deltapoll, anggota British Polling Council, yang mewawancarai 1.022 pemilih Skotlandia. Jajak pendapat ini ditugaskan oleh Best for Britain, sebuah badan yang berkampanye untuk Inggris agar tetap berpikiran terbuka untuk mempertahankan keanggotaan UE-nya.

TAGS : Brexit Inggris Skotlandia Uni Eropa




TERPOPULER :