Selasa, 20/11/2018 12:55 WIB

Delegasi Korsel Bertolak ke Korut Minggu Ini

Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in, pada Minggu (2/9) telah menunjuk penasehat keamanannya sebagai utusan khusus ke Korea Utara

Kim Jong-un (kiri) dan Moon Jae-in bertemu Jumat (27/4) pagi

Seoul - Delegasi Korea Selatan (Korsel) akan terbang ke Korea Utara (Korut) minggu ini untuk membahas pertemuan puncak kedua negara di Pyongyang, yang rencananya digelar bulan ini.

Menurut keterangan juru bicara kepresidenan, Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in, pada Minggu (2/9) telah menunjuk penasehat keamanannya sebagai utusan khusus ke Korea Utara, guna membahas rincian pertemuan dengan Kim Jong-Un.

Chung Eui-yong, kepala Kantor Keamanan Nasional kepresidenan, yang akan memimpin lima anggota delegasi ke ibukota Utara pada Rabu mendatang.

“Delegasi itu, yang juga termasuk kepala mata-mata Korea Selatan, Suh Hoon, akan terbang ke Pyongyang melalui rute langsung langka melintasi perbatasan antar-Korea untuk perjalanan sehari mereka,” kata juru bicara Moon, Kim Eui-kyeom kepada awak media.

Dilansir dari AFP, ini merupakan kunjungan kedua Chung ke Korea Utara sejak Maret, ketika ia memimpin lima anggota yang sama untuk mengatur pertemuan perdana Moon dan Kim. Namun juru bicara tersebut tidak membeberkan apakah delegasi akan bertemu dengan pemimpin Utara kali ini.

Moon dan Kim telah bertemu tatap muka sebanyak dua kali, yakni pertemuan bersejarah di desa lokasi gencatan senjata, yang berada di perbatasan Panmunjom pada April lalu.

Ini adalah pertama kalinya seorang pemimpin Korea Utara telah menyeberang ke Selatan sejak perang 1950-53 menyegel divisi semenanjung Korea.

Mereka bertemu untuk kedua kalinya di Panmunjom pada Mei, dengan alasan bergegas menyelamatkan rencana pertemuan puncak antara Kim dan Presiden AS Donald Trump di Singapura, yang akhirnya berhasil digelar pada 12 Juni.

TAGS : Korea Utara Korsel




TERPOPULER :