Senin, 24/09/2018 16:13 WIB

AS Beri Sinyal Tarik Bantuan US$300 Juta untuk Pakistan

Alasan penarikan tersebut yakni kurangnya tindakan tegas Islamabad dalam mendukung strategi regional AS.

Bendera Pakistan

Washington – Amerika Serikat memberi sinyal akan menarik bantuan senilai US$300 juta yang dialokasikan untuk Pakistan. Alasan penarikan tersebut yakni kurangnya tindakan tegas Islamabad dalam mendukung strategi regional AS.

Dilansir dari AFP, AS telah mendorong Pakistan menindak safe haven di negara tersebut, dan juga telah menangguhkan ratusan juta dolar bantuan keamanan ke Islamabad pada awal tahun.

“Karena kurangnya tindakan tegas Pakistan mendukung Strategi Asia Selatan, maka dana US$300 juta akan ditinjau ulang oleh Departemen Pertahanan dalam prioritas yang lebih mendesak,” kata Letnan Kolonel Kone Faulkner.

Menurut Faulkner, Departemen Pertahanan saat ini sedang menunggu keputusan Kongres, terkait apakah permintaan peninjauan ulang akan disetujui atau ditolak.

Sebelumnya Pakistan telah melakukan kampanye sengit terhadap beberapa kelompok Islam militan yang mengancam keamanan.

Namun para pejabat AS menuduh pejabat Pakistan mengabaikan atau bahkan bekerja sama dengan kelompok-kelompok yang meluncurkan operasi ke Afghanistan dari safe haven di sepanjang perbatasan negara.

Kelompok-kelompok ini mengancam pemerintah Afghanistan yang didukung AS dan telah menyerang dan membunuh banyak pasukan Amerika yang dikirim ke sana setelah serangan 11 September 2001.

"Kami terus menekan Pakistan untuk secara sembarangan menargetkan semua kelompok teroris," kata Faulkner.

TAGS : Pakistan Amerika Serikat




TERPOPULER :