Kamis, 22/11/2018 17:23 WIB

Era Baru, Perempuan Kristen jadi Gubernur Mesir

Menurut Karim Kamal, kepala Persatuan Umum Koptik untuk Tanah Air, sebuah LSM di Mesir, penunjukan Mikhail menunjukkan Mesir telah memasuki

wanita Kristen Koptik, diangkat sebagai gubernur di provinsi Damietta Mesir (Foto: Al Arabiya)

Kairo - Untuk kali pertamanya, Presiden Mesir, Abdel-Fattah al-Sisi pada Jumat kemarin menunjuk wanita Kristen Koptik, Manal Awad Mikhail sebagai gubernur di wilayah tersebut.

Melansir Anadolu, dari pernyataan yang dikeluarkan kantor presiden Mesir, Mikhail diangkat sebagai gubernur provinsi pesisir Damietta di Mesir.

Mikhail lulus dengan gelar ilmu kedokteran hewan dari Universitas Benha Mesir pada tahun 1989. Kemudian melanjutkan program master dan kemudian meraih PhD di bidang Natural Sciences dari Universitas Alexandria tahun 1999.

Tempo melansir, 22 tahun terakhir, Mikhail menempati sejumlah posisi terkait dengan studinya. Mikhail pernah menjadi anggota Asosiasi Unggas Mesir, Asosiasi Veteriner Unggas Internasional, Masyarakat Mesir untuk Imunologi dan Masyarakat Veteriner.

Mikhail meraih penghargaan State Encouragement Award atas riset dan studinya mengenai sistem imun pada hewan ternak termasuk dampak virus dan infeksi pada bibit tertentu pada 2007.

Mikhail menapaki dunia birokrasi pada tahun 2015. Ia bergabung dengan Institut Veteriner Serum dan Vaksin untuk Riset dan Studi di bawah payung Kementerian Agrikultur.

Menurut Karim Kamal, kepala Persatuan Umum Koptik untuk Tanah Air, sebuah LSM di Mesir, penunjukan Mikhail menunjukkan bahwa Mesir telah memasuki "era baru".

"Afiliasi agama tidak lagi menjadi hambatan bagi mereka yang mencari jabatan dalam pemerintahan," kata Kamal.

"Mikhail, yang pengangkatannya hanya berdasarkan prestasi, tidak diragukan lagi akan berhasil di posisi barunya," tambahnya.

TAGS : Mesir Abdel-Fattah El-Sisi kristen




TERPOPULER :