Kamis, 18/04/2024 19:12 WIB

MotoGP Terancam Tak Punya Pebalap Inggris

Terakhir kali MotoGP tanpa pembalap Inggris terjadi pada tahun 2010 silam.

MotoGP (foto: Autosport)

Jakarta - Pebalap Cal Crutchlow pesimis tentang masa depan rider berbakat Inggris di MotoGP, setelah ia berhenti balapan.

Pembalap LCR Honda Crutchlow baru-baru ini mendapatkan perpanjangan satu tahun untuk kontrak pabriknya dengan pabrikan Jepang tetapi mengatakan itu akan menjadi yang terakhir di MotoGP .

Pebalap berusia 32 tahun itu sudah ditetapkan untuk menjadi satu-satunya wakil Inggris di MotoGP tahun depan, sebagai rekan senegaranya Bradley Smith dan Scott Redding belum mempertahankan kursi mereka di KTM dan Aprilia masing-masing untuk 2019.

Smith berkompetisi untuk bergabung dengan Aprilia sebagai pembalap ujicoba, sementara Redding mengeksplorasi opsi di World Superbikes, Moto2, dan bahkan seri domestik Superbike untuk memajukan karirnya.

Ditanya apakah dia terkejut dengan kemerosotan di pengendara Inggris, Crutchlow mengatakan: "Saya tidak terkejut, tidak sedikit pun.

"Saya berteman baik dengan Brad Smith, saya pendukung besar dia, saya pikir dia melakukan pekerjaan yang baik di MotoGP," tambahnya dilansir Autosport.

"Sial baginya, dia tidak cukup cepat dalam dua atau tiga balapan tahun ini," lanjutnya.

"Kami bahkan belum mendapatkan siapa pun di Moto3 saat ini yang Anda katakan fantastis, dan bisa datang ke MotoGP dan menjadi kompetitif."

Terakhir kali MotoGP tanpa pembalap Inggris terjadi pada tahun 2010 silam.

Promotor MotoGP Dorna mendirikan Talent Cup Inggris untuk 2018 untuk mencoba dan mendorong lebih banyak pebalap Inggris ke balapan grand prix, dan juga mendukung Tim Talent Inggris yang mengelola John McPhee di Moto3 tahun lalu.

Crutchlow mengatakan dia adalah pendukung inisiatif tetapi memperingatkan itu bisa memakan waktu bertahun-tahun sebelum menghasilkan pembalap yang mampu maju ke puncak balapan grand prix.

"Saya pendukung besar dari Talent Cup Inggris, saya mencoba dan membantu mereka, untuk membawa tingkat pembalap di Inggris," kata pebalap Honda tersebut.

"Tetapi jika saya tahu apa yang harus dilakukan, saya akan memperbaikinya, karena saya memiliki sumber daya dan uang untuk memperbaikinya, jika itu yang diperlukan," tuturnya.

"Kami melakukan itu bersama dengan Honda, dengan Dorna, banyak hal untuk mencapai posisi di mana kami memiliki orang-orang ini datang. Tapi saat ini kami tidak melihat mereka," lanjutnya.

"Sungguh menyedihkan. Aku hanya bisa berharap seseorang datang, tapi sayangnya aku tidak melihatnya pada saat itu

KEYWORD :

motoGP Honda Inggris




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :