Senin, 24/09/2018 16:12 WIB

Kemenpora Gelar Rakornis Kirab Pemuda 2018

Kirab pemuda 2018 ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan persatuan dan patriotisme pemuda yang selaras dengan makna Bhineka Tunggal Ika.

Rakornis Kirab Pemuda 2018

Jakarta - Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menggelar rapat koordinasi teknis (rakornis) Kirab Peuda 2018 di Wisma Kemenpora, Senin (27/8) sore. Memasuki tahun kedua, kegiatan dipastikan lebih istimewa dan meriah dibandingkan edisi 2018.

Kirab Pemuda akan digelar pada September sampai November mendatang di 34 provinsi di Indonesia. Rakornis diikuti 135 orang, yang berasal dari dinas provinsi dan kabupaten kota yang akam dilintasi oleh KiraB Pemuda. Akan ada 100 kabupaten/kota yang bakal dilalui oleh kirab.

Kirab pemuda merupakan kegiatan Kemenpora yang dilakukan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam mewujudkan pembangunan kepemudaan, melalui perjalanan pemuda dengan melintasi antar pulau di Indonesia.

Kirab pemuda 2018 ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan persatuan dan patriotisme pemuda yang selaras dengan makna Bhineka Tunggal Ika. Kemudian juga untuk mendorong optimalisasi potensi daerah melalui peran pemuda serta menginspirasi terlaksananya rangkaian program kepemudaan di seluruh daerah untuk melaksanakan pelayanan kepemudaan.

Selain itu juga memenuhi hak pemuda dan membuka seluas luasnya partisipasi pemuda dalam pembangunan. "Kirab pemuda banyak acara, salah satunya konser musik. Saya berharap kita tidak semata menyiapkan panggung atau bandnya. Tapi bagaimana pemuda menjadikan pertunjukan sebagai unjuk kreasi," ucap Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi saat membuka Rakornis.

Sementara itu, Deputi 1 Kemenpora Faisal Abdullah menegaskan bahwa kegiatan kali ini akan memiliki delapan titik fokus provinsi. "Jadi di delapan provinsi, akan ada pembobotan kegiatan yang lebih, dibuat lebih. Setiap tahunnya, akan digilir delapan provinsi yang berbeda. Ini kami lakukan karena memang menyesuaikan anggaran yang dimiliki," ungkap Faisal

Provinsi tersebut menurut Asdep Kreativitas Pemuda Djunaedi meliputi Aceh, Sumatera Barat, Sulawesi Barat, Kalimantan Barat, Jawa Barat, Nusa Tenggara Barat, Banten, dan Jawa Timur. "Nanti di NTB akan ada pelaksanaan khusus dengan tema kegiatan yang luar biasa, untuk membangkitkan semangat di darrah yang terkena musibah beberapa hari belakangan," ungkapnya.

TAGS : Kirab Pemuda




TERPOPULER :