Selasa, 23/04/2024 14:40 WIB

Kenali Permasalahan Kulit pada Lansia

Kulit para lansia akan menipis dan tampak kusam karena pengelupasan kulit mati yang tidak sempurna.

Berkurangnya kolagen dan elastin mengakibatkan kulit tampak keriput dan kendur (Foto: Thinkstock)

Jakarta - Lansia atau lanjut usia menurut WHO dan Kemenkes Indonesia adalah seseorang yang telah berumur 60 tahun atau lebih. Umur yang bertambah tentunya membawa perubahan pada kulit.

Hal ini menurut Dr. Arini Astasari Widodo, SpKK, disebabkan oleh proses penuaan. Akibat proses penuaan, akan terjadi sejumlah perubahan pada organ-organ kita, termasuk organ terluas pada tubuh kita yaitu kulit.

Epidermal turnover atau pembaharuan lapisan kulit berkurang pada lansia hingga 30-50 persen sehingga membuat kulit lansia tipis dan tampak kusam karena pengelupasan kulit mati yang tidak sempurna.

"Berkurangnya kolagen dan elastin yang mengakibatkan tampak keriput dan kendur," ujarnya.

Jumlah sel fibroblas yang berkurang sehingga kulit lansia tampak rapuh dan lebih mudah terluka/memar. Pembuluh darah pada kulit lansia berkurang dan jarak pembuluh darah dari permukaan kulit semakin jauh sehingga membuat kulit lansia tampak pucat.

Sel Melanosit atau sel yang membentuk pigmen, berkurang 8-20 persen setiap dekade. Pigmentasi atau bercak-bercak hitam/coklat/putih pada kulit menjadi tidak merata.

Lemak pada kulit, antara lain seramid, trigliserida, sterol ester yang menurun pada lansia dan menyebabkan kulit
lansia kering, serta ditemuinya tumor jinak keratosis seboroik.

Terapi untuk lansia, bergantung pada masalah kulitnya dan masalah kulit yang memberatkan setiap individunya. Misalnya, ada lansia yang lebih mempermasalahkan kulitnya yang kering, ada juga yang lebih mempermasalahkan flek wajah. Lansia juga memiliki lebih banyak penyakit penyerta.

"Pada lansia konsultasi sangat penting, pasien lansia dapat menyampaikan keluhan utamanya pada dokter spesialis dan dapat dirundingkan bersama mengenai pilihan terapi yang paling nyaman untuk pasien," ucapnya.

KEYWORD :

Kulit Masalah Lansia Keriput




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :