Sabtu, 17/11/2018 09:09 WIB

Trump Ancam Naikkan Tarif Jika Meksiko Tak Patuh

Trump telah menekan perubahan aturan yang melibatkan manufaktur mobil dalam upaya untuk membawa lebih banyak pekerjaan produksi ke Amerika Serikat. Rencananya panggilan untuk peningkatan konten regional untuk autos. 

donald trump

Jakarta - Presiden Donald Trump mengumumkan penyelesaian perjanjian perdagangan awal antara Amerika Serikat dan Meksiko pada Senin, tetapi ia juga mengancam tarif baru di Kanada jika tidak bekerja sama dalam usahanya untuk merundingkan kembali Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA).

Trump mengatakan dia berencana untuk mengakhiri NAFTA, dengan mengatakan bahwa nama tersebut memiliki "konotasi buruk," dan merujuk pada perjanjian baru dengan Meksiko sebagai Perjanjian Perdagangan Bebas AS-Meksiko.

"Ini hari besar untuk perdagangan. Hari besar bagi negara kami. Banyak orang merasa kami tidak akan pernah sampai di sini," kata presiden AS selama pengumuman dari Kantor Oval dilansir UPI.

Setiap revisi NAFTA memerlukan persetujuan kongres. Perwakilan Perdagangan AS Robert Lighthizer mengatakan sebuah surat akan dikirim ke Kongres pada akhir pekan ini, di mana pada saat itu ada 90 hari untuk membuat revisi dan memberikan persetujuan.

Trump telah lama mengkritik NAFTA karena ketidakseimbangannya, menyebutnya sebagai "kesepakatan buruk" dalam pidato Jumat di pesta makan malam Partai Republik Ohio.

"Anda pergi ke New England, Anda pergi ke bagian Ohio dan tempat-tempat lain, dan Anda akan melihat pabrik yang ... ditinggalkan bertahun-tahun yang lalu karena NAFTA," katanya . "Kita akan membuatnya bagus atau kita tidak akan memilikinya."

Negosiasi untuk perjanjian baru dengan Meksiko berpusat pada manufaktur mobil, standar tenaga kerja, perdagangan pertanian dan kekayaan intelektual dan perdagangan digital.

Kanada absen dari diskusi dan Ottawa mengindikasikan itu tidak terburu-buru untuk menegosiasikan kembali perjanjian atau menyetujui apa pun yang tidak menguntungkannya. Trump mengatakan negosiasi dengan Kanada akan segera dimulai atau Amerika Serikat akan menambahkan tarif tambahan untuk impor Kanada.

"Dengan satu atau lain cara, kita akan memiliki kesepakatan dengan Kanada. Itu akan menjadi tarif untuk mobil atau itu akan menjadi kesepakatan yang dinegosiasikan," kata Trump. "Terus terang, tarif mobil adalah cara yang jauh lebih mudah. Mungkin, yang lain akan jauh lebih baik untuk Kanada."

Selama pengumuman singkat, Trump berbicara melalui telepon dengan Presiden Meksiko Enrique Peña Nieto , yang menawarkan ucapan selamat atas pakta baru dan menyatakan keinginannya untuk Kanada agar dimasukkan ke dalam perjanjian.

"Kami melihat perjanjian yang diumumkan hari ini sebagai kemajuan positif dalam beberapa hari mendatan, kami akan melanjutkan negosiasi trilateral dengan Kanada, yang sangat penting untuk dapat memperbarui perjanjian," kata Marcelo Ebrard , Presiden terpilih Andres Manuel Lopez Obrador ` pilih untuk menteri luar negeri.

Trump telah menekan perubahan aturan yang melibatkan manufaktur mobil dalam upaya untuk membawa lebih banyak pekerjaan produksi ke Amerika Serikat. Rencananya panggilan untuk peningkatan konten regional untuk autos.

Setidaknya 75 persen dari nilai mobil harus dibuat di Amerika Utara, naik dari 62,5 persen sebelumnya, untuk memenuhi syarat untuk tarif nol. Penggunaan lebih banyak baja lokal, aluminium dan onderdil mobil akan diperlukan, dan proporsi tertentu dari kendaraan harus dibuat oleh pekerja yang berpenghasilan setidaknya $ 16 per jam.

Kesepakatan itu juga akan mengurangi kebijakan perdagangan-distorsi untuk produk pertanian dan memungkinkan makanan untuk diperdagangkan lebih adil.

"Petani kami akan sangat bahagia," kata Trump. "Kau tahu, para petani telah bersamaku, aku mengatakan kami akan melakukan ini. Dan Meksiko telah berjanji untuk segera mulai membeli sebanyak mungkin produk pertanian."

Rep. Beto O`Rourke, D-Texas, mengatakan bahwa melanggar NAFTA akan memiliki dampak yang berlawanan pada petani.

"Menghentikan NAFTA akan memiliki dampak nyata dan tahan lama pada petani, peternak, produsen, produsen energi, pemilik usaha kecil di Texas," dia tweeted . "Ini menghasilkan $ 112 miliar dalam bentuk ekspor untuk negara kita setiap tahun dengan 1 juta pekerjaan di negara kita terhubung dengan perdagangan dengan Meksiko saja."

TAGS : AS Trump Amerika Meksiko




TERPOPULER :