Selasa, 25/09/2018 00:03 WIB

Pemimpin ISIS Afghanistan Tewas Serangan Udara

Abu Syed Orakzai tewas di daerah terpencil provinsi Nangarhar yang berbatasan dengan Pakistan.

Kelompok ISIS

Kabul - Pemimpin Islamic State Iraq and Syria (ISIS) di Afghanistan, Abu Syed Orakzai, juga dikenal sebagai Saad Arhabi, tewas serangan udara di lokasi persembunyian kelompok teror tersebut di timur provinsi Nangarhar yang berbatasan dengan Pakistan, kata sejumlah petugas, Minggu.

Attaullah Khogyani, juru bicara gubernur, mengatakan kepada Anadolu Agency, bahwa pasukan Afghanistan dan Amerika Serikat (AS) melakukan serangan udara di distrik Khogyani malam tadi.

Ia mengatakan operasi itu dilakukan berdasarkan informasi kredibel yang dikumpulkan oleh agen mata-mata Afghanistan, Direktorat Keamanan Nasional.

Juru bicara itu mengkonfirmasi bahwa pemimpin Daesh bersama dengan 10 pejuangnya terbunuh, sementara sejumlah besar senjata dan amunisi dihancurkan.

Berasal dari kelompok suku Orakzai di Pakistan, Abu Syed adalah pemimpin keempat kelompok itu yang tewas di Afghanistan. Pendiri Daesh di Afghanistan, Hafiz Saeed Khan, juga dari kelompok Orakzai, tewas di provinsi yang sama dua tahun lalu.

Setelah pembunuhannya, Abdul Haseeb mengambil alih dan tewas dalam serangan udara serupa tahun lalu, sementara pemimpin ketiga, Abu Saeed Bajori, yang berasal dari kelompok suku Bajur di Pakistan, tewas dalam serangan udara di provinsi tetangga Kunar pada 2017.

Dengan benteng pertahanannya yang kuat di provinsi Nangarhar dan Kunar, militan ISIS telah melancarkan serangan teroris mematikan di ibukota Kabul yang menewaskan puluhan warga Afghanistan, terutama etnis Syiah Hazaras. (aa)

TAGS : ISIS Afganistan




TERPOPULER :