Rabu, 14/11/2018 05:54 WIB

Tak Ada Gebrakan, Iran Copot Menteri Ekonomi

Karbasian adalah menteri kedua yang disingkirkan oleh parlemen bulan ini.

Bendera kebangsaan Iran

Tehran - Parlemen Iran memutuskan melalui pemungutan suara untuk memecat Menteri Ekonomi Masoud Karbasian karena semakin memburuknya keadaan perekonomian negara tersebut, pada Minggu (26/8).

Karbasian adalah menteri kedua yang dilengserkan oleh parlemen setelah Menteri Perburuhan Ali Rabiei, yang dipecat dari posisinya oleh dewan di awal bulan ini.

Menerut IRNA, sekitar 137 anggota parlemen memilih untuk memecat Karbasian, melawan 121 suara yang memilih mempertahankannya, dan dua lainnya absen.

Iran mengalami penurunan tajam dalam indikasi perekonomian, seiring dengan demonstrasi memprotes tingginya tingkat pengangguran dan buruknya kondisi kehidupan yang terus berlangsung.

Pada awal bulan ini, Amerika Serikat (AS) menjatuhkan kembali sanksi-sanksi kepada Iran, yang menargetkan sektor perbankan mereka. Sanksi itu mulai berlaku pada 6 Agustus tahun ini.

Sanksi-sanksi ini bertujuan menghalangi Teheran mendapatkan mata uang AS, menghalangi perdagangan batu mulia; denominasi mata uang Iran terhadap dolar, menahan aktivitas perdagangan Iran membayar utang-utangnya, dan sektor otomotif negara tersebut.

Sanksi AS mulai dijatuhkan setelah Presiden Donald Trump menarik AS dari perjanjian nuklir pada Mei dengan negara-negara P5+1 (lima anggota tetap Dewan Keamanan PBB dan Jerman) yang ditandatangani pada 2015. (aa)

TAGS : Iran Amerika Serikat menteri ekonomi




TERPOPULER :