Rabu, 14/11/2018 10:02 WIB

Grand Prix MotoGP Inggris Dibatalkan

Sirkuit Silver stone dilanda hujan lebat (foto: Autosport)

Jakarta - Grand Prix MotoGP Inggris, yang diselenggarakan di sirkuit Silverstone terpaksa dibatalkan lantaran hujan deras melanda wilayah tersebut pada Minggu (26/08) waktu setempat.

Terlepas dari upaya penyelenggara lomba untuk menghindari hujan, namun kondisi tidak akan aman untuk berlomba karena banyaknya volume air di lintasan.

Sebuah pertemuan diadakan antara Dorna, IRTA dan pejabat tim, di mana proposal untuk menunda balapan hingga Senin, didukung oleh beberapa tim dan pengendara dikesampingkan, sebagian karena kurangnya marsekal yang tersedia.

Silverstone menyatakan niatnya untuk memulai balapan pada pukul 13.30, cuaca memungkinkan, dan tak lama sebelum waktu ini Dorna mengumumkan rencana mulai 14.00 dan pengurangan jarak balapan dari 20 putaran ke 16, tergantung pada pemeriksaan lintasan.

Itu kemudian diumumkan awal akan ditunda sampai pemberitahuan lebih lanjut, sebelum pemeriksaan segar direncanakan untuk 15.00.

Tetapi dengan hujan masih belum mereda, akhirnya diumumkan pada 16.00, setelah pertemuan komisi keselamatan pengendara, bahwa perlombaan tidak akan berlangsung.

Moto2 dan Moto3, dijadwalkan berlangsung setelah MotoGP, juga dibatalkan.

Panitia menegaskan pada Sabtu bahwa mereka tidak akan siap untuk balapan dalam kondisi yang terlihat selama latihan keempat, yang dirusak oleh insiden multi-rider di Stowe setelah hujan lebat.

Tito Rabat terjatuh dan tertabrak oleh sepeda Franco Morbidelli, menghasilkan fraktur triple di kaki kanan Rabat.

Pembalap Avintia Ducati itu dibawa ke rumah sakit dan menjalani operasi di rumah sakit, dengan insiden itu mengakibatkan penundaan satu jam untuk kualifikasi.

Terakhir kali perlombaan kelas utama harus dibatalkan langsung adalah GP Austria 1980, yang dibatalkan karena salju - meskipun GP Malaysia 2011, di mana Marco Simoncelli tewas dalam kecelakaan, juga dianggap tidak terjadi di statistik resmi.

TAGS : MotoGP Inggris Silverstone




TERPOPULER :