Sabtu, 17/11/2018 00:53 WIB

Paus Fransiskus Enggan Tanggapi Tudingan Vigano

Menurut Fransiskus, dokumen yang diungkap oleh Vigano kepada media merupakan pernyataan yang sifatnya subjektif, sehingga dipertanyakan kredibilitasnya.

Paus Fransiskus (foto: Google)

Vatican City – Paus Fransiskus menegaskan tidak akan menanggapi tudingan mantan pejabat Vatikan, Carlo Maria Vigano, yang menyebut dirinya sengaja membiarkan pelecehan seksual yang dilakukan oleh mantan pastor AS, Theodore McCarrick.

Menurut Fransiskus, dokumen yang diungkap oleh Vigano kepada media merupakan pernyataan yang sifatnya subjektif, sehingga dipertanyakan kredibilitasnya.

“Saya membaca pernyataan itu pagi ini. Saya membacanya dan saya akan mengatakan dengan tulus bahwa saya harus mengatakan ini kepada Anda (awak media, Red) dan kalian semua yang tertarik. Bacalah dokumen dengan seksama, dan nilailah sendiri,” kata Paus kepada awak media saat hendak meninggalkan Irlandia menuju Roma, pada Minggu (Senin waktu setempat).

“Saya tidak akan mengatakan satu kata pun tentang hal ini. Saya pikir pernyataan itu berbicara untuk dirinya sendiri. Anda memiliki kapasitas jurnalistik untuk mencapai kesimpulan Anda sendiri,” imbuhnya dilansir dari Reuters.

Diketahui sebelumnya, Vigano menuding Paus Fransiskus sengaja mengabaikan klaim pelecehan seksual terhadap kardinal AS Theodore McCarrick, yang dipaksa mengundurkan diri bulan lalu.

Vigano mengatakan dia telah memberi tahu Fransiskus tentang tuduhan terhadap McCarrick pada 2013. Namun menurutnya Paus malah mencabut sanksi yang dijatuhkan kepada McCarrick oleh pendahulunya, Paus Benediktus.

"Dia (Paus Fransiskus) tahu setidaknya 23 Juni 2013 lalu McCarrick adalah seorang pemangsa," tulis Vigano.

"Dia tahu bahwa McCarrick adalah seorang pria yang korup, dia menutupinya sampai akhir yang pahit," imbuhnya.

TAGS : Paus Fransiskus Pelecehan Seksual




TERPOPULER :