Minggu, 18/11/2018 08:20 WIB

Menlu Australia Mengundurkan Diri

Morrison sebelumnya mengumumkan Wakilnya, Josh Frydenberg, akan menganggap mantan perannya sebagai bendahara.

Menteri Luar Negeri Australia (foto: UPI)

Jakarta - Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop mengumumkan pengunduran dirinya pada Minggu (26/08) waktu setempat saat perdana menteri baru Scott Morrison menamai kabinetnya.

"Hari ini saya menasihati Perdana Menteri bahwa saya akan mengundurkan diri dari posisi Kabinet saya sebagai Menteri Luar Negeri," tulisnya dalam sebuah pernyataan yang dibagikan ke Twitter, Minggu .

"Aku akan tetap di backbench sebagai suara yang kuat untuk Australia Barat," tambahnya.

Dia menambahkan dia belum memutuskan apakah dia akan mencalonkan diri dalam pemilihan umum negara berikutnya, yang akan ditetapkan pada 2019 mendatang.

Perdana Menteri yang digulingkan Malcolm Turnbull mengeluarkan pernyataan yang memuji kinerja Bishop di kabinetnya.

"Hari ini kami telah kehilangan Menteri Luar Negeri terbaik Australia," tulis Turnbull.

"Saya berterima kasih kepada Julie atas kesetiaan dan persahabatannya selama bertahun-tahun tetapi terutama sebagai Wakil saya. Dia telah dan tetap menjadi teladan inspirasi bagi perempuan di sini dan di seluruh dunia."

Uskup tersingkir di putaran pertama pemungutan suara selama pertempuran kepemimpinan tiga arah bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Dalam Negeri Peter Dutton pada Jumat untuk menggantikan Turnbull.

Morrison melanjutkan untuk mengalahkan Dutton dengan suara 45-40.

Pada hari Minggu, Morrison memilih kabinet baru, menamai mantan Menteri Pertahanan Marise Payne untuk menggantikan Uskup sebagai menteri luar negeri.

Christopher Pyne dipromosikan untuk mengawasi pertahanan dan Steven Ciobo diangkat sebagai menteri untuk industri pertahanan.

Simon Birmingham diasumsikan mantan peran Ciobo sebagai menteri perdagangan dan Dan Tehan diangkat sebagai menteri pendidikan.

Dutton mempertahankan perannya sebagai menteri urusan rumah, tetapi ia menciptakan posisi baru untuk menangani masalah yang terkait dengan imigrasi dan menunjuk David Coleman .

"David memiliki pemahaman yang tajam tentang banyak latar belakang yang berbeda dan banyak masalah yang berbeda yang perlu dikelola untuk memastikan bahwa orang Australia yang berasal dari begitu banyak latar belakang mendapatkan yang adil saya berbicara tentang," kata Morrison.

Morrison juga membagi peran Menteri Energi dan Lingkungan, menamai Melissa Price sebagai menteri lingkungan dan memilih Angus Taylor untuk memimpin energi.

Kelly O`Dwyer diangkat sebagai menteri untuk pekerjaan, hubungan industrial dan Mathias Cormann diberi nama menteri keuangan.

Morrison sebelumnya mengumumkan Wakilnya, Josh Frydenberg, akan menganggap mantan perannya sebagai bendahara.

Morrison mengatakan kabinetnya siap untuk "mengatasi tantangan besar yang ada di hadapan kita dengan beberapa ide baru dan penekanan baru sementara memulihkan beberapa penekanan dari waktu yang lalu," Bloomberg melaporkan .

"Stabilitas pemerintah sedang dipulihkan, kami melanjutkan pekerjaan," katanya.

TAGS : Australia Julie Bishop Turnbull




TERPOPULER :