Senin, 19/11/2018 07:32 WIB

Wong Cilik Pilih Jokowi-Ma`ruf, Kaum Terpelajar ke Prabowo-Sandiaga

Pasangan capres-cawapres, Jokowi-Ma`ruf Amin unggul di kantong pemilih

Presiden Jokowi dan Prabowo Subianto

Jakarta - Pasangan capres-cawapres, Jokowi-Ma`ruf Amin unggul di kantong pemilih "wong cilik. Sementara, pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno unggul di kantong pemilih kaum terpelajar.

Hal itu berdasarkan hasil survei yang dirilis Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA, Selasa (21/8). Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby mengatakan, Jokowi-Ma`ruf Amin unggul di pemilih dengan pendapatan rumah tangga kurang dari Rp2 juta perbulan sebesar 54,7 persen.

"Pasangan Prabowo-Sandiaga meraih 25,2 persen suara. Populasi ini terbesar karena pemilih pada segmen ini mencapai 58,5 persen," kata Adjie, dalam rilis terbaru di kantor LSI Denny JA, Jakarta, Selasa (21/8).

Kata Adjie, pasangan Prabowo-Sandiaga berhasil mengungguli pasangan Jokowi-Maruf pada segmentasi basis pemilih kaum terpelajar. Dimana, Prabowo-Sandiaga meraih kemenangan dengan presentase 44,5 persen dan Jokowi-Ma`ruf memperoleh 40,4 persen.

"Segmentasi ini adalah influencer dan mereka bisa menggiring opini, mereka yang bisa menggiring opini dan bisa menyebabkan Jokowi kalah," kata Adji.

Diketahui, survei ini digelar 12 Agustus-19 Agustus 2018. Jumlah responden dalam survei tersebut 1.200 responden. Metode penarikan sampel yang digunakan adalah multistage random sampling dengan jumlah proporsional dengan margin of error sebesar 2,9 persen yang dilaksanakan di 33 provinsi.

Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara tatap muka responden menggunakan kuesioner yang dilengkapi denhan penelitian kuakitatif dengan metode analisis media, FGD dan in depth interview.

TAGS : Pilpres 2019 Presiden Jokowi Prabowo Subianto




TERPOPULER :