Jum'at, 19/04/2024 11:36 WIB

Tim Robotik Madrasah Bawa Pulang Medali dari Meksiko

Menamanakan diri Tim R2045, satu-satunya perwakilan Indonesia ini berhasil memboyong medali perunggu (Bronze Medall) Walt Disney Award for Imagination and Creativity.

Tim robotik madrasah Techno Natura 2018 (Foto: Kemenag)

Jakarta - Kabar gembira datang dari Tim Robotik Madrasah Techno Natura yang baru saja mengikuti iven robotik tingkat internasional, The FIRST Global Challenge (FGC) 2018 di Meksiko pada 16-18 Agustus 2018 lalu.

Menamanakan diri Tim R2045, satu-satunya perwakilan Indonesia ini berhasil memboyong medali perunggu (Bronze Medall) Walt Disney Award for Imagination and Creativity.

Menanggapi hal ini, Direktur Kurikulum, Sarana, Kelembagaan dan Kesiswaan (KSKK) Madrasah Kementerian Agama, Ahmad Umar mengapresiasi hasil tersebut. Umar bangga atas prestasi yang diperoleh Tim R2045.

“Capaian ini kembali membuktikan bahwa siswa madrasah mampu bersaing di kancah internasional. Madrasah hebat, madrasah bermartabat,” kata Umar kepada redaksi pada Selasa (21/8) pagi.

Umar menuturkan, selanjutnya Kemenag akan menularkan prestasi yang berhasil diraih oleh Madrasah Techno Natura kepada madrasah lain di Indonesia.

Dia membuka peluang pengkaderan dan pembiayaan khusus untuk madrasah-madrasah yang potensial, melalui kompetisi robotik bagi seluruh Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah se–Indonesia yang digelar akhir September nanti.

”Tahun 2018 ini kita akan kader, kita akan bibit, minimal ada 12 madrasah yang kita biayai, kita siapkan untuk mengembangkan robotik di Indonesia,” kata Umar.

Selain mempersiapkan madrasah go international, lanjut Umar, pengkaderan ini dilaksanakan dalam rangka persiapan tuan rumah ajang FIRST Global Challenge pada 2021 mendatang.

“Maka madrasah kita siapkan sejak sekarang, agar nanti saat Indonesia menjadi tuan rumah, mereka bisa berpartisipasi,” terangnya.

Hal senada juga disampaikan Kepala Madrasah sekaligus pembina Tim Robotik Madrasag Techno Natura A. Riza Wahono.

Riza merasa senang atas perolehan Walt Disney Award For Imagination and Creativity dalam ajang FGC 2018 kali ini. “Ini menjadi pengakuan bahwa imajinasi dan kreativitas anak Indonesia mendapat pengakuan di tingkat dunia,” tutur Riza.

Walt Disney Award menurut Riza merupakan agenda kriteria award tambahan dalam ajang FIRST Global 2018. Prestasi yang diraih oleh Muhammad Iman Ashshiddiq Proton (15), Meuthya Sandra Kisdwiutomo (15), Rehayl Muhammad Rashtrapatiji (15), Eza Reynara Achmad (15), Krisna Hafara Priyanto (16), Naufal Ahmad Sanaya (13), dan Muhammad Dzaky Asshidqy (16), menjadi kado pada Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke- 73.

KEYWORD :

Madrasah Kementerian Agama KSKK Umar Robotik




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :