Minggu, 18/11/2018 00:31 WIB

China Tegaskan Dukungan untuk Iran

Wang menyebut kesepakatan nuklir 2015 atau yang dikenal dengan JCPOA sebagai pencapaian multilateral utama yang menguntungkan komunitas internasional.

Wang Yi bertemu Kang Kyung-hwa di Beijing

Teheran - Menteri Luar Negeri China, Wang Yi mengatakan, akan semakin meningkatkan hubungan dengan Iran. Demikian disampaikan melaui sambungan telepon kepada rekannya, Mohammad Javad Zarif.

Menurut Xinhua, Wang menyebut kesepakatan nuklir 2015 atau yang dikenal dengan JCPOA sebagai pencapaian multilateral utama yang menguntungkan masyarakat internasional.

"Kami dengan jelas mengatakan kami menentang sanksi sepihak," katanya, menegaskan kembali kepatuhan negaranya terhadap kesepakatan penting tersebut.

"Beijing menghormati hubungan dengan Teheran dan mendukung pengembangan kerja sama atas dasar kepentingan bersama," sambungnya.

Zarif dalam sambungan telepon tersebut, membahas perkembangan terbaru tentang JCPOA dan menghargai peran konstruktif Beijing dalam perjanjian internasional.

"China sebagai pembeli terbesar minyak Iran telah menyatakan bahwa mereka tidak akan mematuhi sanksi Amerika Serikat (AS) terhadap Iran," kata Zarif. (IRNA)

TAGS : China India Iran minyak Amerika Serikat




TERPOPULER :