Kamis, 15/11/2018 15:49 WIB

Ketua DPR: HUT Kemerdekaan RI Bahan Refleksi Perjalanan Bangsa

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) berharap seluruh anak bangsa bisa mengikuti semangat para pejuang terdahulu yang telah bersusah payah memerdekan bangsa Indonesia dari tangan penjajah.

Ketua DPR, Bambang Soesatyo saat menjadi Inspektur Upacara HUT ke-73 Kemerdekaan Indonesia di Gedung DPR

Jakarta - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) berharap seluruh anak bangsa bisa mengikuti semangat para pejuang terdahulu yang telah bersusah payah memerdekan bangsa Indonesia dari tangan penjajah. Peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia ke-73 harus dijadikan bahan refleksi terhadap perjalanan bangsa yang telah merdeka.

"Harapan saya seluruh rakyat Indonesia agar kembali melakukan refleksi terhadap perjalanan bangsa ini. Dan, mengambil semangat para pejuang kita, para pendiri bangsa ini memerdekakan bangsa kita," ujar Bamsoet saat menjadi inspektur upacara peringatan HUT RI ke-73 di Gedung DPR RI, Jakarta, Jumat (17/8).

Bamsoet mengenakan baju adat Betawi saat menjadi inspektur upacara. Para pegawai dilingkungan Sekjen dan Badan Keahlian Dewan DPR RI menjadi peserta upacara. Seluruh peserta tampak khidmat mengikuti jalannya upacara tersebut.

Mantan Ketua Komisi III DPR RI ini mengajak seluruh komponen bangsa untuk menjunjung tinggi kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan lainnya. Para elit dan anak bangsa juga diminta agar tidak melakukan hal-hal yang dapat memecah persatuan dan kesatuan bangsa.

"Jauhkan dari sikap saling fitnah, saling menyerang dan memecah belah bangsa. Jauhkan semua sifat dan sikap tersebut karena kita bangsa yang besar. Kalau bukan kita, siapa yang akan menjaga keutuhan bangsa ini," kata Bamsoet.

Ketua Badan Bela Negara Forum Komunikasi Putra Putri Purnawirawan Indonesia (FKPPI) ini menyadari, dalam realitasnya menjaga kesatuan dan persatuan sangatlah tidak mudah. Seringkali kepentingan-kepentingan sekelompok orang maupun golongan menjadi penghambatnya.

"Ingatlah, mereka yang hanya mementingkan kelompok maupun golongannya saja, lalu dengan teganya mengorbankan saudara-saudara sebangsa lainnya, tak ubahnya seperti penghianat bangsa. Mereka adalah musuh bagi kemerdekaan. Jangan sampai kita terjerumus. Kita harus menjadi bangsa yang solid," tegas Bamsoet.

Politisi Partai Golkar ini juga meminta para wakil rakyat dan pegawai DPR untuk tetap semangat dalam bekerja dalam melayani kepentingan rakyat. Jangan sampai tahun politik justru menurunkan semangat dan kinerja para anggota dewan.

"Saya tegaskan di tahun politik ini kinerja DPR tidak boleh menurun karena para wakil rakyatnya sibuk berkampanye di daerah. Masih banyak tugas yang harus diselesaikan hingga akhir masa jabatan tahun depan. Yang di DPR teruslah bekerja demi kepentingan rakyat. Begitu pula dengan yang di pemerintah," pungkas Bamsoet.

TAGS : Ketua DPR Bambang Soesatyo HUT Kemerdekaan




TERPOPULER :