Sabtu, 22/09/2018 16:01 WIB

Jokowi Resmi Lantik Komjen Syafruddin jadi MenpanRB

Presiden Jokowi resmi melantik Wakapolri Komjen Syafruddin sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) di Kabinet Kerja hingga tahun 2019.

Presiden Jokowi lantik Komjen Syafruddin jadi MenpanRB

Jakarta - Presiden Jokowi resmi melantik Wakapolri Komjen Syafruddin sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenpanRB) di Kabinet Kerja hingga tahun 2019.

Syafruddin menggantikan Asman Abnur yang sudah mengajukan pengunduran diri ke Jokowi karena pilihan politik Partai Amanat Nasional (PAN) yang mendukung pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno pada Pilpres 2019.

Keppres ini ditetapkan dan ditandatangani Presiden Jokowi di Jakarta, 14 Agustus 2018. Syafruddin membacakan sumpah kerjanya dihadapan Presiden Jokowi dan sejumlah pejabat negara lainnya.

"Demi Allah saya bersumpah, saya akan setia kepada UUD RI 1945 serta akan menjalankan segala aturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara. Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab," ucap Syafruddin, di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/8).

Setelah membacakan sumpah jabatan, ia menandatangani berita acara pelantikan dan pengangkatan sumpah jabatan sebagai MenpanRB bersama Presiden Jokowi.

Asman Abnur tidak hadir dalam pelantikan Syafruddin. Sebelumnya Asman menyebut Jokowi telah mengizinkan dirinya yang memilih mundur.

"Jadi beliau prinsipnya sudah menyampaikan persetujuan untuk saya mundur dari MenpanRB," kata Asman dalam jumpa pers di Kantor Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Jakarta, Selasa (14/8) malam.

TAGS : Wakapolri Komjen Syafruddin MenpanRB Presiden Jokowi




TERPOPULER :