Minggu, 18/11/2018 02:11 WIB

Ukraina Tangkap Kapal Tanker Milik Rusia

para pelaut tidak bertemu dengan konsul Rusia, sehingga belum proses lebih lanjut terkait hal tersebut.

Kapal tanker Rusia

Jakarta - Komisioner Hak Asasi Manusia Rusia, Tatyana Moskalkova mengatakan bahwa kapal tanker Rusia Mechanic Pogodin diblokir ketika tiba di pelabuhan Kherson.

"Saya melakukan percakapan telepon kedua dengan perwakilan resmi dari Verkhovna Rada dari Ukraina. Atas permintaan saya, Lyudmila Denisova menemukan bahwa ada 12 pelaut Rusia di atas kapal tanker yang tidak meninggalkan kapal. Mereka memiliki makanan, air dan obat-obatan," kata Moskalkova dilansir Uwaire.

Belum ada klaim administratif atau pidana bagi para pelaut, demikian yang diinformasikan kepada Moskalkova.

"Sidang pengadilan mengenai penangkapan kapal tanker dan properti yang terletak di atasnya akan diadakan pada Senin," katanya.

Menurutnya, para pelaut tidak bertemu dengan konsul Rusia, sehingga belum proses lebih lanjut terkait hal tersebut.

Pada Jumat, Dinas Keamanan Ukraina (SBU) menemukan sebuah kapal yang mengibarkan bendera Rusia di pelabuhan dagang Kherson. Pemiliknya ada di daftar sanksi Ukraina.

Pada 25 Maret, kapal Nord, yang meninggalkan kota Kerch , dihentikan oleh kapal keamanan maritim dari Layanan Penjaga Perbatasan Negara Ukraina, 27 kilometer dari limpahan Obytichna (wilayah Zaporizhia).

Setelah memeriksa Nord dan dokumen, penjaga perbatasan Ukraina menahan kapal, menuduh awak kapal melanggar prosedur karena meninggalkan wilayah yang diduduki sementara.

Pada 19 Juni, pengadilan mengembalikan paspor Rusia kepada awak Nord. Pada saat yang sama, pengacara pelaut mencatat bahwa kliennya tidak dapat meninggalkan Ukraina, karena tidak ada keputusan pengadilan final atas kasus tersebut.

TAGS : Ukraina Rusia Kapal




TERPOPULER :