Minggu, 23/09/2018 15:48 WIB

Ritech Expo 2018, Mengenal Lebih Dekat Inovasi Anak Bangsa

Beberapa produk yang ditampilkan antara lain miniatur pesawat tanpa awak (LSU-03) dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN)

Salah satu pameran di Ritech Expo 2018 (Foto: IG Ritech Expo)

Pekanbaru – Keberadaan arena Ritech Expo dalam rangkaian Hari Kebangkitan Nasional (Hakteknas) ke-23 di Pekanbaru, Riau menyimpan daya tarik tersendiri.

Pameran tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) tersebut, menyajikan beragam hasil riset dan inovasi anak bangsa di bidang teknologi, yang berasal dari perguruan tinggi, lembaga riset, industri, hingga para inovator di bidangnya.

Beberapa produk yang ditampilkan antara lain miniatur pesawat tanpa awak (LSU-03) dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), pembangkit listrik tenaga biogas sawit dari Universitas Riau, kursi roda otomatis dari Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS), Maket Solar City dan Solar Rooftop dari PT. LEN Industri, dan pesawat model N219 dari PT. Dirgantara Indonesia.

Presiden RI ke-3 BJ Habibie dan Menristekdikti Mohamad Nasir yang mengunjungi arena Ritech Expo 2018 usai peringatan puncak Hakteknas menyambut positif beragam produk yang ditampilakan masing-masing stan.

Dia mengajak masyarakat mengenal inovasi anak bangsa di bidang teknologi lebih dekat, sehingga dapat menambah wawasan, dan juga menjadi sumber inspirasi serta motivasi.

“Jumlah riset kita masih banyak di tingkat dasar dan terapan. Sedangkan riset yang jadi inovasi masih kecil. Karena itu, hakteknas di daerah bertujuan mendorong inovasi baik di tataran daerah maupun nasional,” ujar Menteri Nasir.

Pameran Ritech Expo digelar pada 9-12 Agustus 2018 di Komplek Rumah Gubernur Riau. Di lokasi ini terdapat 200 stan pameran yang diikuti oleh 91 instansi/lembaga terdiri dari 28 perguruan tinggi, delapan Balitbang daerah, 13 Balitbang kementerian/lembaga, 16 industri, 10 unit utama Kemenristekdikti, sembilan asosiasi/komunitas, dan tujuh mitra luar negeri.

TAGS : Tekno Ritech Expo Hakteknas Kemristekdikti




TERPOPULER :