Senin, 21/09/2020 01:07 WIB

Kicauan Ketum PPP, Cawapres Jokowi Mengarah ke Cak Imin

Dua hari jelang penutupan pendaftaran capres-cawapres di KPU, Presiden Jokowi belum juga menentukan siapa cawapres yang akan mendampingi pada Pilpres 2019 mendatang. Siapa figur yang akan dipilih Jokowi?

Presiden Jokowi dan Ketum PKB Cak Imin

Jakarta - Dua hari jelang penutupan pendaftaran capres-cawapres di KPU, Presiden Jokowi belum juga menentukan siapa cawapres yang akan mendampingi pada Pilpres 2019 mendatang. Siapa figur yang akan dipilih Jokowi?

Ketum PPP Romahurmuziy (Rommy) menyampaikan kisi-kisi soal kriteria cawapres yang akan mendampingi Presiden Jokowi dalam berlaga di Pilpres 2019 nanti. Figur yang disampaikan Romy mengarah kepada Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

"Siapa cawapresnya? Yang jelas dia melengkapi pelangi NKRI, di mana presiden dan wapres selalu mengikuti pola nasionalis-religius sebagaimana sejak Desember 2017 lalu secara konsisten saya sampaikan. Dia juga memiliki pengalaman paling luas dalam segala ranah pemerintahan," kata Rommy dalam akun Twitter-nya, @MRomahurmuziy, Rabu (8/8).

Kata Romy, sosok pendamping Jokowi juga mewakili warna religiusitas ormas Islam terbesar di Indonesia serta sudah malang-melintang dalam aneka jabatan publik sejak reformasi.

"Dan yang pasti, seperti sudah saya tegaskan tidak akan keluar dari 10 nama yang saya pernah saya sampaikan Juli lalu," terangnya.

Diketahui, Rommy memang pernah mengungkap sejumlah nama kandidat cawapres Jokowi. Mereka yang ada didaftar itu adalah Rommy sendiri, Ketum PKB Muhaimin Iskandar, Ketum Golkar Airlangga Hartarto, Menkeu Sri Mulyani, Menteri KKP Susi Pudjiastuti, eks Ketum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin, Ketum MUI Ma`ruf Amin, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, dan eks Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD.

Maka, jika dilihat dari point kicauan yang disampaikan Romy melalui akun Twitternya itu bisa mengarah kepada Cak Imin. Dimana, point dari kicauan Romy adalah: 1. Melengkapi pelangi NKRI di mana presiden dan wapres selalu mengikuti pola nasionalis-religius; 2. Memiliki pengalaman paling luas dalam segala ranah pemerintahan; 3. Mewakili warna religiositas ormas Islam terbesar; 4. Sudah malang-melintang dalam aneka jabatan publik sejak reformasi; 5. Tidak akan keluar dari 10 nama yang pernah disampaikan pada Juli lalu.

Jika dilihat dari kriteria tersebut, Cak Imin mewakili partai nasionalis religius. Dan sepak terjang Cak Imin di pemerintahan dan lembaga negara. Dimana, Cak Imin pernah penjabat sebagai Wakil Ketua DPR termuda, menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi era pemerintahan SBY, dan saat ini sebagai Wakil Ketua MPR.

Selain itu, Cak Imin juga mewakili Ormas Islam terbesar di Indonesia. Sejumlah kiai Nahdlatul Ulama (NU) memberikan mandat kepada Cak Imin menjadi Cawapres untuk mendampingi Presiden Jokowi di Pilpres 2019.

TAGS : Pilpres 2019 Presiden Jokowi Cawapres Muhaimin Iskandar




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :