Minggu, 07/03/2021 12:19 WIB

Iran Latihan Militer di Selat Hormuz

Jenderal Sharif mengatakan, Pemimpin IRGC, Mohammad Ali Jafari megpresiasi latihan militer dan menekankan pentingnya mendorong kesiapan untuk melindungi keamanan di Teluk Persia dan ancaman-ancaman balasan.

Iran gelar latihan militer di Selat Hormuz dan Teluk Persia (Foto: Mehr)

Tehran - Juru bicara Korps Pengawal Revolusi Islam Iran, Brigadir Jenderal Ramazan Sharif, mengatakan, IRGC mengadakan latihan militer di Teluk Persia dan Selat Hormuz beberapa hari terakhir.

"Latihan ini untuk melindungi keamanan perairan internasional, dan sekaligus sebagai latihan tahunan," kata Jenderal Sharif, dilansir Tehran Time, Senin (6/8).

Jenderal Sharif mengatakan, Pemimpin IRGC, Mohammad Ali Jafari megpresiasi latihan militer dan menekankan pentingnya mendorong kesiapan untuk melindungi keamanan di Teluk Persia dan ancaman-ancaman balasan.

"Latihan itu termasuk unit angkatan laut dan udara," kata jurubicara IRGC.

Jafari mengatakan, pada Juli, IRGC bersiap menerapkan ancaman Presiden Hassan Rouhani untuk memblokir Selat Hormuz jika Iran tidak dapat mengekspor minyaknya di bawah ancaman sanksi Washington.

Di bulan yang sama, Rouhani memperingatkan Presiden Amerika Serikat (AS) Donad Trump perihal sikap bermusuhannya terhadap Iran. Ia mengatakan, " Tuan Trump, jangan coba-coba bermain dengan ekor singa, kalau tidak ingin menyesal."

Rouhani juga mengatakan Iran memiliki kendali atas tempat-tempat strategis lainnya selain Selat Hormuz.

"Orang yang memahami politik bahkan sedikit tidak akan mengatakan `kita akan menghentikan ekspor minyak Iran`," katanya.

Pada Juli, Kepala Staf Angkatan Bersenjata Iran, Mohammad Baqeri juga mengeluarkan pernyataan yang mengatakan Iran mampu memberlakukan strategi apa pun di Selat Hormuz dan wilayah Teluk Persia.

Sekedar diketahui, Selat Hormuz merupakan lokasi strategis yang sangat penting bagi perdagangan internasional. Sekitar 20 persen minyak yang diperdagangkan di seluruh dunia bergerak melalui jalur Selat, yang lebarnya sekitar 30 mil pada titik tersempitnya.

Selat tersebut terletak di mulut Teluk Persia dan menyediakan satu-satunya bagian maritim dari Teluk Persia ke laut terbuka dan merupakan salah satu titik paling strategis di dunia.

TAGS : Teluk Persia Selat Hormuz IRGC Iran




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :