Minggu, 18/11/2018 05:15 WIB

PBB akan Buka Bantuan Kemanusiaan ke Korea Utara

DK PBB akan menentukan prinsip-prinsip yang mempermudah penyaluran bantuan kemanusiaan ke Korea Utara.

Pemimpin Korea Utara (Korut), Kim Jong Un (Foto: Reuters)

Jakarta  - Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) akan mengambil langkah untuk  memfasilitasi pengiriman bantuan kemanusiaan ke Korea Utara.Padahal selama ini, negara dengan Presidennya Kim Jong-un Getol mengembangkan nuklir.

Dikabarkan, Amerika Serikat  mengirim naskah pengajuan ke komite sanksi PBB terhadap Korea Utara bahwa DK PBB akan menentukan prinsip-prinsip yang mempermudah penyaluran bantuan kemanusiaan ke Korea Utara.

Sumber diplomatik mengatakan, teks pengajuan AS tersebut akan diajukan kepada komite sanksi PBB untuk Korea Utara pada hari Senin.

Dalam pernyataan seorang diplomat Belanda kepada koresponden Anadolu Agency, sanksi soal perlucutan senjata nuklir Korea Utara harus diterapkan secara ``sepenuhnya dan efektif``.

Namun bantuan kemanusiaan juga tidak boleh terpengaruh akibat sanksi tersebut dan oleh karena itu komite akan mengambil langkah-langkah khusus untuk memfasilitasi bantuan kemanusiaan ke Korea Utara.

Menurut PBB, dari 40 persen populasi Korea Utara, lebih dari 10 juta orang di antaranya membutuhkan bantuan kemanusiaan.

Selain itu, satu dari lima anak di negara tersebut mengalami kekurangan gizi kronis yang mengakibatkan masalah perkembangan dan pertumbuhan. (AA)

TAGS : Korea Utara PBB Nuklir Bencana Kemanusiaan




TERPOPULER :