Senin, 26/10/2020 02:32 WIB

Ini Alasan Poros Ketiga Bisa Bangkit di Pilpres 2019

Peluang Poros ketiga diluar koalisi Presiden Jokowi dan Prabowo Subianto masih sangat terbuka lebar dalam kontestasi Pilpres 2019 mendatang. Apa landasannya?

Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting, Pangi Syarwi Chaniago

Jakarta - Peluang Poros ketiga diluar koalisi Presiden Jokowi dan Prabowo Subianto masih sangat terbuka lebar dalam kontestasi Pilpres 2019 mendatang. Apa landasannya?

Direktur Eksekutif Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago mengatakan, sesuatu hal yang luar biasa bisa terjadi. Karena dalam politik adalah seni ketidak-mungkinan, yang mungkin bisa menjadi tidak mungkin, yang tidak mungkin bisa menjadi mungkin.

Menurutnya, kemungkinan adanya poros lain di luar Prabowo-Jokowi karena pertama, apabila diloloskannya uji materi terkait ambang batas parpol mengusung pasangan capres-cawapres dari 20 persen menjadi 0 persen.

"Kedua, diloloskannya JR terkait masa jabatan Wapres, situasi ini tentu akan sangat menguntungkan kubu Jokowi dan membuka kesempatan untuk memenangkan kompetisi yang semakin besar," kata Pangi, kepada Jurnas.com, Jakarta, Sabtu (4/8).

Sehingga, kata Pangi, dibutuhkan lawan tanding yang sepadan dari poros Gerindra sebagai penantang Presiden Jokowi pada Pilpres 2019 mendatang.

"Sehingga nama-nama yang selama ini muncul sebagai cawapres bisa saja berubah total," terangnya.

Kata Pangi, jika situasi ini terjadi maka dapat dipastikan peta politik akan berubah drastis dan semua partai akan punya kesempatan yang sama untuk mengajukan pasangan capres-cawapres sendiri.

"Akan terjadi rekomposisi koalisi bahkan akan terbentuk koalisi yang sama sekali baru," katanya.

Selain itu, lanjut Pangi, kebuntuan koalisi di kedua poros, resistensi dan tingkat penerimaan yang rendah atas keputusan Jokowi ataupun prabowo terhadap pilihan Cawapres akan membuat perpecahan di dua poros ini.

"Situasi ini membuka peluang dan poros ketiga bisa hidup dan tumbuh kembali karena bisa saja tiga poros atau tetap dua poros, namun dengan komposisi yang berbeda yang sepertinya beberapa partai sedang mempersiapkan diri untuk memilih opsi ini," tegasnya.

TAGS : Pilpres 2019 Presiden Jokowi Prabowo Poros Ketiga




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :