Rabu, 21/11/2018 14:33 WIB

China dan Uni Eropa Dukung Perdagangan Bebas di Dunia

Kesepakatan itu muncul ketika Penasihat Negara China dan Menteri Luar Negeri Wang Yi bertemu dengan Federica Mogherini, perwakilan tinggi dari Uni Eropa untuk Urusan Luar Negeri dan Dewan Keamanan di sela-sela pertemuan para menteri luar negeri Perserikatan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN)

Uni Eropa dan China

Jakarta - China dan Uni Eropa (UE) sepakat untuk bergandengan tangan guna mempromosikan multilateralisme dan mendukung perdagangan bebas di dunia.

Kesepakatan itu muncul ketika Penasihat Negara China dan Menteri Luar Negeri Wang Yi bertemu dengan Federica Mogherini, perwakilan tinggi dari Uni Eropa untuk Urusan Luar Negeri dan Dewan Keamanan di sela-sela pertemuan para menteri luar negeri Perserikatan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN).

Wang mengatakan para pemimpin China dan UE telah mengadakan pembicaraan yang sukses di Beijing belum lama ini dan kedua belah pihak mencapai konsensus dalam menjaga sistem perdagangan multilateral berbasis aturan dan menolak proteksionisme perdagangan dan unilateralisme.

"Menghadapi ketidakpastian dan ketidakstabilan dalam situasi internasional, meningkatkan komunikasi strategis dan kerja sama strategis antara China dan Uni Eropa merupakan salah satu kunci utama," ujar Wang dilansir UPI.

"Dua kekuatan untuk stabilisasi, dan dengan tegas mendukung multilateralisme serta aturan internasional tidak hanya di garis kepentingan kedua belah pihak, tetapi juga kondusif untuk menjaga perdamaian dan stabilitas dunia," tambahnya.

Sementara pihak UE yang diwakili Mogherini mengatakan bahwa Uni Eropa dan Cina adalah teman jangka panjang. "Uni Eropa memperlakukan China sebagai mitra strategis utama dan kunci dan tidak akan mengadopsi kebijakan apa pun terhadap China," katanya.

Selama pertemuan mereka, kedua belah pihak juga bertukar pandangan tentang masalah nuklir Iran.

TAGS : UE China Perdagangan Bebas




TERPOPULER :