Rabu, 14/11/2018 22:17 WIB

China Buat Tarif Balasan untuk Produk AS

Pemerintah China pada Jumat mengumumkan tarif pembalasan baru terhadap Amerika Serikat pada lebih dari 5.000 barang AS senilai $ 60 miliar jika Presiden Donald Trump mengikuti melalui putaran tarif baru yang diterapkan Presiden AS tersebut.

Ilustrasi bendera AS dan China (foto: google)

Jakarta - Pemerintah China pada Jumat mengumumkan tarif pembalasan baru terhadap Amerika Serikat pada lebih dari 5.000 barang AS senilai $ 60 miliar jika Presiden Donald Trump mengikuti melalui putaran tarif baru yang diterapkan Presiden AS tersebut.

Komisi Tarif Bea Cukai Beijing dari Dewan Negara mengatakan tarif akan berkisar dari 5 persen hingga 25 persen.

"China dipaksa untuk mengambil tindakan balasan" sebagai reaksi terhadap Trump yang mengatakan telah mempertimbangkan menaikkan tarif pada $ 200 miliar barang-barang China dari 10 persen menjadi 25 persen, kata komisi itu dilansir UPI.

"Tanggal pelaksanaan langkah-langkah perpajakan akan dikenakan tindakan AS, dan China berhak untuk terus memperkenalkan penanggulangan lainnya," lanjutnya.

"Ancaman sepihak atau pemerasan hanya akan menyebabkan intensifikasi konflik dan merusak kepentingan semua pihak."

Gedung Putih mengeluarkan pernyataan Jumat, yang mengutuk proposal China tersebut.

"Alih-alih membalas, China harus mengatasi kekhawatiran lama tentang praktik perdagangan tidak adil, banyak yang tercantum dalam laporan 301 Perwakilan AS," kata Sekretaris Pers Gedung Putih Sarah Sanders .

Pajak impor yang diusulkan China adalah yang terbaru dalam perang perdagangan antara kedua negara, yang dimulai pada Maret ketika Trump menandatangani perintah presiden yang mengenakan tarif setidaknya $ 50 miliar dalam barang-barang China.

Perintah itu dimaksudkan untuk membendung apa yang disebutnya sebagai "agresi ekonomi" oleh Beijing dan defisit perdagangan yang tidak seimbang.

Penyelidikan menemukan bahwa pencurian kekayaan intelektual Amerika Serikat telah merugikan miliaran dolar AS dari ekonomi AS.

Pajak 25 persen ditargetkan sekitar 1.300 item, termasuk baja, aluminium, mesin, elektronik dan produk kedirgantaraan. Daftar lengkapnya diterbitkan dalam Daftar Federal.

China menanggapi dengan tarif pada barang-barang AS senilai $ 3 miliar, sebagian besar produk pertanian dan logam. Sebanyak 128 item ditargetkan dengan 15 persen, termasuk buah-buahan segar, buah-buahan kering, kacang-kacangan, anggur, etanol termodifikasi, ginseng Amerika dan pipa baja seamless. Dan babi AS dan aluminium daur ulang dipukul dengan tarif 25 persen.

China menyerukan diakhirinya sengketa perdagangan melalui pembicaraan dengan Amerika Serikat, tetapi pada 29 Mei, Amerika Serikat mengumumkan putaran tarif lain pada sekitar $ 50 miliar dalam barang-barang China.

Trump mengumumkan putaran lebih lanjut 25 persen dari tarif 15 Juni pada barang-barang China senilai $ 50 miliar. Daftar baru termasuk lebih banyak mesin dan produk kedirgantaraan.

China segera memperluas daftar jenis produk AS yang akan dikenakan tarif, termasuk produk pertanian, mobil, dan minyak mentah. Beijing menuduh Amerika Serikat memulai perang dagang.

TAGS : Amerika China Perdagangan




TERPOPULER :