Rabu, 21/11/2018 00:19 WIB

Uskup Agung Australia Mengundurkan Diri

Stone mengatakan Wilson gagal bertindak karena dia ingin melindungi gereja dan citranya.

Uskup Agung Australia

Jakarta - Paus Fransiskus menerima pengunduran diri uskup agung Adelaide Philip Wilson kurang dari sebulan setelah dia dijatuhi hukuman satu tahun di penjara karena gagal melaporkan tuduhan pelecehan anak-anak yang telah terjadi puluhan tahun lalu.

Wilson adalah pejabat Katolik paling senior yang dihukum atas tuduhan itu. Hakim Robert Stone memvonis uskup berusia 67 tahun itu pada 3 Juli , tetapi menunda sidang untuk menentukan apakah dia bisa diberikan pengurungan rumah.

"Wilson memutuskan untuk tidak lagi melanjutkan sebagai uskup agung karena untuk melakukannya akan terus menimbulkan rasa sakit dan kesusahan bagi banyak orang, terutama bagi para penyintas dan juga di Keuskupan Agung Adelaide," kata sebuah pernyataan dari Konferensi Uskup Katolik Australia dilansir UPI.

Perdana Menteri Malcolm Turnbull termasuk di antara sejumlah pemimpin politik dan agama yang meminta Wilson untuk mengundurkan diri dari jabatannya.

"Tidak ada tanggung jawab yang lebih penting bagi para pemimpin komunitas dan gereja daripada perlindungan anak-anak," kata Turnbull.

Wilson dihukum pada bulan Mei karena menyembunyikan penyalahgunaan pedofil James Fletcher selama tahun 1970-an. Fletcher divonis bersalah pada 2004 dan meninggal di penjara.

Stone mengatakan Wilson gagal bertindak karena dia ingin melindungi gereja dan citranya. Awalnya Wilson mengatakan akan mundur dari tugasnya, tapi ia tak kunjung melakukannya.

Dan Feenan, korban Fletcher, mengatakan sudah waktunya bagi Wilson untuk mengundurkan diri.

"Saya ingin berterima kasih kepada Malcolm Turnbull PM kami dan pemimpin politik dan masyarakat lainnya di Australia atas dukungan mereka yang tak tergoyahkan dalam meminta Wilson untuk mengundurkan diri karena posisinya tidak dapat dipertahankan. Ini akan sangat membantu proses penyembuhan untuk diri saya sendiri dan saya yakin korban lain dari James Patrick Fletcher, " katanya .

Wilson memulai masa jabatannya sebagai uskup agung pada tahun 2001, menggantikan Leonard Faulkner yang pensiun. Sebelum itu, Wilson adalah uskup Wollongong selama lima tahun dan menjabat sebagai presiden Konferensi Waligereja Australia dari 2006 hingga 2010.

 

TAGS : Uskup Kristiani Gereja Australia




TERPOPULER :