Rabu, 21/11/2018 00:48 WIB

Ilmuan Temukan Fozil Kaki Dinosaurus Terbesar di Dunia

Ahli paleontologi asal Amerika menyatakan telah menemukan dan mengidentifikasi pemilik kaki dinosaurus terbesar di dunia.

Fosil Dinosaurus terbesar di Dunia

Jakarta - Ahli paleontologi asal Amerika menyatakan telah menemukan dan mengidentifikasi pemilik kaki dinosaurus terbesar di dunia.

Kaki berusia 150 juta tahun itu milik seorang brachiosaurus, anggota kelompok pemakan sayuran berleher panjang yang dikenal sebagai sauropoda.

Para ilmuwan percaya bahwa dinosaurus terkait erat dengan brachiosaurus berekor panjang.

Fosil kaki yang masif pertama kali ditemukan pada tahun 1998 dari outcroppings dari strata Jurassic Atas di Wyoming Black Hills.

"Ada jejak dan kerangka lain yang tidak lengkap dari Australia dan Argentina yang tampaknya berasal dari hewan yang lebih besar, tetapi kerangka raksasa itu ditemukan tanpa kaki," ujar Emanuel Tschopp, seorang rekan postdoctoral di Museum Sejarah Alam Amerika dilansir UPI.

"Binatang ini jelas salah satu yang terbesar yang pernah berjalan di Amerika Utara," tambahnya.

Sampai sekarang, para peneliti hanya menyebut pemilik fosil sebagai "Kaki Terbesar." Tapi pemeriksaan menyeluruh termasuk pencitraan 3D, pengukuran rinci dan perbandingan dengan kaki beberapa spesies dinosaurus mengungkapkan pemilik kaki yang paling mungkin.

Pemeriksaan menyeluruh mengkonfirmasi fosil kaki sebagai yang terbesar ditemukan hingga saat ini, dan juga memperluas jangkauan brachiosaurs yang sudah ada.

TAGS : Penelitian Dinosaurus Amerika




TERPOPULER :