Minggu, 18/11/2018 10:26 WIB

Akun Facebook Ahli Konspirasi AS Diblokir

Akun Facebook ahli teori konspirasi Amerika Serikat (AS) Alex Jones telah diblokir, karena tindakan bullying dan ujaran kebencian.

Ilustrasi Facebook

New York – Akun Facebook ahli teori konspirasi Amerika Serikat (AS) Alex Jones telah diblokir, karena tindakan bullying dan ujaran kebencian. Halaman yang terkait dengan situs Infowarsnya juga dihapus dari platform tersebut pada Jumat (27/7).

Akun pribadi Alex ditangguhkan selama 30 hari. Facebook menilai empat video yang diterbitkan pada halaman yang dikelola oleh Jones dan Infowars bertentangan dengan standar komunitas.

“Video tersebut hampir tidak dipublikasikan karena pelanggaran standar komunitas baru-baru ini," kata Facebook dalam sebuah pernyataan dilansir dari Reuters pada Sabtu (28/7).

Penghapusan konten dinilai sebagai "teguran". Dan halaman-halaman yang dipelihara oleh Jones dan Infowars tetap aktif karena tidak melewati "ambang batas tertentu".

Selian Facebook, YouTube juga menghapus empat video Alex Jones awal pekan ini, dan mengatakan situs Jones Infowars menghadapi penghapusan permanen jika konten tersebut tetap diunggah pasca ditangguhkan 90 hari.

“Standar Komunitas kami memperjelas bahwa kami melarang konten yang mendorong kerusakan fisik [penindasan], atau menyerang seseorang berdasarkan afiliasi keagamaan atau identitas gender mereka [pidato kebencian],” kata Facebook.

“Kami menghapus konten yang melanggar standar kami segera setelah kami menyadarinya,” imbuhnya.

Sejak mendirikan Infowars pada tahun 1999, Jones telah memancing banyak penonton. Di antara berbagai teori yang dipromosikannya adalah bahwa serangan 11 September 2001 di New York dan Washington dipentaskan oleh pemerintah.

Penangguhan Facebook berarti Jones tidak dapat memposting di profil pribadinya atau halamannya dan tidak dapat mengirim pesan, memberi komentar atau memposting di tempat lain di Facebook.

TAGS : Facebook Konspirasi Alex Jones Kebencian




TERPOPULER :