Sabtu, 20/04/2024 10:40 WIB

Produksi Minyak Rusia Lampaui Arab Saudi

Rusia memproduksi rata-rata 10,6 juta barel per hari dan mengalahkan Arab Saudi yang rata-rata produksi minyaknya mencapai angka 9,9 juta barel per hari.

Bor minyak (Foto: Shutterstock)

Moskow – Produksi rata-rata minyak harian Rusia telah mengalahkan Arab Saudi. Pada bulan Mei, rata-rata produksi minyak Rusia mencapai 10,6 juta barel per hari (pbh).

Menurut data yang dihimpun dari Layanan Statistik Federal Rusia (Rosstat), Rusia memproduksi rata-rata 10,6 juta bph dan mengalahkan Arab Saudi yang rata-rata produksi minyaknya berada pada angka 9,9 juta barel per hari.

Negara-negara anggota Organisasi Negara-Negara Pengekspor Minyak Bumi (OPEC) pada bulan Mei memproduksi 31,9 juta barel per hari, di mana 4,5 juta barel di antaranya diproduksi oleh Irak.

Pangsa Rusia dalam total ekspor keseluruhan berada di angka 28 persen pada periode Januari-Mei tahun ini, dengan rata-rata harga USD508 per tonnya.

Pihak yang mendukung kesepakatan pengurangan produksi OPEC dalam pertemuan di Wina tanggal 23 Juni lalu setuju untuk meningkatkan persediaan minyak sebanyak 1 juta barel per harinya.

Di bawah perjanjian yang telah diperbarui tersebut, Rusia diharapkan untuk meningkatkan produksi minyaknya hingga 200 ribu barel per hari. (aa)

KEYWORD :

Arab Saudi Rusia minyak OPEC




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :