Sabtu, 18/08/2018 18:54 WIB

Setahun Kabur, Wapres Afganistan Akhirnya "Pulang Kampung"

Dostum kembali ke Kabul hari ini, Minggu (22/7), setelah melarikan diri dari negara tersebut lebih dari satu tahun lamanya.

Jenderal Dostum (Foto: AFP)

Kabul – Wakil Presiden Afganistan Abdul Rashid Dostum kembali ke Kabul hari ini, Minggu (22/7), setelah melarikan diri dari negara tersebut lebih dari satu tahun lamanya.

Dostum kabur terkait pemeriksaan dirinya atas kasus pemerkosaan dan penyiksaan terhadap lawan politik. Kini, mantan panglima perang asal etnis Uzbek itu telah terbang dari Turki ke Kabul, dan akan disambut dengan upacara khusus.

“Pada pukul 16.00 (19.00 WIB), penerbangan Jenderal Dostum akan mendarat di bandara internasional Kabul,” ujar juru bicara Dostum, Nasir Farahmand dilansir dari AFP.

Kembalinya Dostum memunculkan spekulasi, di tengah protes keras di beberapa provinsi di Afganistan utara, yang notabene basis dukungan Dostum.

Sebelumnya, dalam beberapa pekan terakhir ribuan pendukung Dostum memadati jalan raya, menutup kantor-kantor pemerintah, dengan tuntutan agar pemerintah membebaskan pemimpin milisi pro-pemerintah, dan mendesak Dostum kembali.

“Kami tidak percaya pemerintah. Kami akan melanjutkan protes kami, kecuali Jenderal Dostum meminta kami untuk berhenti,” kata pemimpin demo di Provinsi Faryab, Ehsanullah Qowanch kepada AFP.

TAGS : Afganistan Dostum




TERPOPULER :