Rabu, 21/11/2018 00:22 WIB

Presiden Trump Kembali Ancam China

Trump menyatakan siap menaikkan tarif impor semua barang-barang masuk dari China, hingga US$500 miliar jika memang diperlukan.

Presiden China, Xi Jinping dan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump (Foto: Getty Images)

Washington – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump kembali melemparkan ancaman terhadap China, menyusul perang dagang kedua negara akibat kenaikan tarif impor.

Dalam sebuah wawancara, Trump menyatakan siap menaikkan tarif impor semua barang-barang masuk dari China, hingga US$500 miliar jika memang diperlukan.

“Saya siap menaikkan hingga US$500 miliar,” kata pemimpin Partai Republik tersebut dilansir dari AFP, pada Jumat (20/7) malam. Pernyataan tersebut mengacu pada nilai impor China pada 2017 yang mencapai US$505 miliar.

Trump menegaskan tidak menerapkan kebijakan itu semata-mata karena alasan politik. Namun lebih jauh dari itu, dia katakan untuk membela ekonomi AS.

“Kami telah ditipu China dalam waktu yang lama,” ujarnya.

Sebelumnya, setelah berminggu-minggu negosiasi tanpa hasil, AS pada awal bulan ini memberlakukan tarif sebesar 25 persen pada US$34 miliar untuk produk teknologi dan mekanik China. Beijing pun `panas`, lalu menerapkan kebijakan serupa.

“Saya tidak ingin mereka takut. Saya ingin mereka melakukannya dengan baik,” katanya.

“Saya sangat menyukai Presiden Xi (Xi Jinping, Red). Tapi perdagangan ini sangat tidak adil,” lanjutnya sembari menegaskan kembali perang dagang di antara kedua negara.

TAGS : Amerika Serikat China Perang Dagang




TERPOPULER :