Kamis, 15/11/2018 15:43 WIB

Korsel Terciduk Impor Batu Bara Ilegal dari Korut

Batu bara Korea Utara diduga tiba di Selatan tahun lalu, melanggar sanksi-sanksi yang bertujuan mengandaskan pembangunan nuklir Utara.

Ilustrasi tambang batu bara (foto: Antara)

Seoul - Laporan tahunan komite sanksi Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) mengungkapkan bahwa batu bara dari Korea Utara dikirim ke Korea Selatan pada dua kesempatan di 2017.

Tahun lalu, Dewan Keamanan PBB mengadopsi resolusi yang melarang ekspor batu bara dari Korea Utara, bersama mineral-mineral lain.

Tayangan AS Voice of America mengutip laporan komite yang mengungkap pengiriman tersebut tiba di Pelabuhan Incheon dan Pohang di Korea Selatan pada Oktober tahun lalu.

Batu bara tersebut ternyata dikirimkan antara Juli dan September ke Rusia sebelum dipindahkan ke Korea Selatan dengan dua kapal yang teregistrasi di Sierra Leone dan Panama.

Laporan ini juga menyebut kiriman ke Pohang saja bernilai sekitar USD325 ribu.

Seoul dan Washington hingga kini tetap berkomitmen melaksanakan sanksi-sanksi untuk memperlambat perkembangan senjata nuklir Pyongyang, namun beberapa kritik menyebut pemerintahan Korea Selatan dan AS saat ini memberikan terlalu banyak kelonggaran tanpa Korea Utara memenuhi janji mereka untuk melakukan denuklirisasi. (aa)

 

TAGS : Korea Selatan batu bara Korea Utara




TERPOPULER :