Senin, 19/11/2018 21:26 WIB

BBPP Batu Tingkatkan Kualitas SDM Peternakan

Lembaga yang berada di bawah Kementerian Pertanian ini memiliki tiga program andalan, yakni program sapi Belgian Blue

Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Batu, Malang, Jawa Timur

Malang – Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Batu memegang peran strategis dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di bidang peternakan. Lembaga yang berada di bawah Kementerian Pertanian ini memiliki tiga program andalan, yakni program sapi Belgian Blue, produk olahan susu dan ternak, dan produk telur omega.

Berdiri sejak 1977, BBPP Batu awalnya bernama Regional Dairy Training Center (RDTC), yang kemudian berkembang menjadi Balai Besar Pelatihan Peternakan atau BBPP pada 2007.

Sebagai unit pelaksana teknis Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementerian Pertanian, BBPP Batu memainkan perannya dengan menggelar pelatihan bagi aparatur maupun non aparatur, termasuk petani, peternak, dan pelaku usaha.

Didukung dengan widyaiswara yang profesional serta kurikulum terkini, BBPP Batu berupaya menjawab kebutuhan para petani dan peternak. Tercatat beberapa kali lembaga menjalin kerja sama dengan instansi dan perusahaan berskala nasional maupun internasional.

“Antara lain pelatihan Asean Training Course sejak 2004, COMSEC pada 2016 dan 2017, dan Pelatihan dalam Wadah Kerjasama Selatan-Selatan,” demikian kata Kepala Badan BBPP Apri Handono saat menerima kunjungan Menteri Pertanian Amran Sulaiman pada Selasa (17/7).

BBPP Batu memiliki sepuluh divisi, yakni Divisi Ternak Perah, Divisi Ternak Potong, Divisi Pakan dan Nutrisi Ternak, Divisi Reproduksi dan Pembibitan Ternak, Divisi Kesehatan Hewan, Divisi Pasca Panen dan Pengolahan Susu, Divisi Pasca Panen dan Pengolahan Daging, Divisi Pengolahan Limbah, Divisi Diklat Penyuluhan Pertanian, dan Divisi Kesehatan Masyarakat Veteriner.

BBPP Batu juga memiliki sejumlah sarana dan prasarana yang memadai, antara lain Pusat Inkubator Agribisnis (PIA) sebagai etalase produk olahan. Adapun produk olahan berupa telur omega 3, susu pasteurisasi, es krim, yoghurt, nugget, abon, sosis, permen susu, nugget ayam, dan berbagai olahan lainnya.

BBPP Batu juga mendukung upaya khusus (Upsus) yang dicanangkan oleh Kementerian Pertanian, baik itu Upsus LTT Padi Jagung Kedelai, Upsus Siwab, dan Upsus Optimalisasi Pemanfaatan Alsintan,” imbuhnya.

TAGS : Kementerian Pertanian BBPP Belgian Blue




TERPOPULER :