Rabu, 02/12/2020 17:28 WIB

Uni Eropa Minta Trump Perjelas Sekutunya

Federica Mogherini mengatakan, UE menganggap AS sebagai mitra dan teman dekat

Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Federica Mogherini (Foto: Financial Tribune)

Uni Eropa - Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa, Federica Mogherini menanggapi pernyataan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump yang menyebut negara yang berjuluk The Big Daddy of the European Union itu sebagai musuhnya.

Sebelumnya Trump mengatakan," Anda mungkin tidak pernah membayangkan kalau masuh kami yang sesunggunya adalah Uni Eropa," ujar Trump saat diwawancarai CBS News.

"Jika saya seorang jurnalis, saya mungkin akan menanyakan siapa yang ia (Trump) anggap sebagai teman-temannya," kata Mogherini, menjelang pertemuan Dewan Urusan Luar Negeri di Brussel.

"Kami telah menyatakan dengan jelas siapa teman-teman kami, Amerika Serikat dan saya telah berulang kali menegaskan bahwa perubahan administrasi tidak akan mengubah persahabatan yang terjalin antara negara dan masyarakat," sambungnya.

Mogherini juga menegaskan bahwa UE mengganggap AS sebagai mitra dan teman dekat.

"Kami telah menyatakan dengan jelas siapa teman-teman kami, dan saya berharap pemerintah AS juga melakukan hal yang sama, dengan menyatakan siapa kawan-kawan mereka," terangnya.

Sementara itu, Presiden Dewan Eropa, Donald Tusk mengatakan, "Amerika dan Uni Eropa adalah sahabat karib. Siapapun yang menyebut kami musuh berarti menyebarkan berita palsu."

TAGS : Donald Trump Uni Eropa Amerika Serikat




JURNAS VIDEO :

TERPOPULER :