Jum'at, 26/04/2024 05:46 WIB

Ke Bandung? Jangan Lupa Makan 5 Jajanan Hits Ini

Anda hobi kuliner atau jalan-jalan? Jika Ada berkunjung ke kota Kembang Bandung, jangan lewatkan jajanan kekinian yang menjadi ikon.

Kue cubit menjadi salah satu kuliner hits Bandung (Foto: Selerarasa)

Bandung - Selain kekayaan alam dan mode yang kesohor, kuliner Bandung juga mendapat tempat khusus baik bagi warga Bandung atau pengunjung. Bahkan jajanan yang hits di Kota Kembang ini dengan mudah kita temui di street food atau jalan-jalan utama Kota Bandung.
 
Di kota yang terkenal dengan taman yang beraneka ragam ini banyak terdapat makanan dan minuman kekinian yang wajib dicoba. Dijamin lidah Anda akan bergoyang karena keunikan jajanan yang membuat pengunjung rindu datang ke Bandung.
 
Inilah 5 makanan dan minuman kekinian yang dilansir dari berbagai sumber khusus untuk Anda.

1. Cireng

Cireng memang bukanlah jajanan baru di kota kembang, namun cireng saat ini telah mengalami berbagai macam revolusi. Dari cireng bumbu kacang, cireng isi hingga sekarang yang paling hits adalah cireng bumbu rujak.

Sesuai namanya, cireng bumbu rujak ini adalah cireng yang disantap dengan bumbu rujak manis. Cireng panas yang baru diangkat dari penggorengan, lalu dicocolkan ke bumbu rujak yang punya rasa manis pedas, pasti akan membuatmu ketagihan tak bisa berhenti mengunyahnya.

2. Seblak Basah

Seblak basah sendiri adalah kerupuk udang mentah yang rebus, lalu ditiriskan dan dimasak dengan bumbu rempah seperti cikur (kencur), bawang putih, garam, gula, dan cabe. Seblak basah ini jadi favorit karena rasa pedasnya yang nendang di lidah bercampur dengan aroma khas dari kencur.

Saat ini seblak basah memiliki banyak sekali variasi dan toping. Selain menggunakan bahan utama kerupuk, seblak juga ditambahkan dengan mie, kwetiau, bakso, sosis dan telur. Meski begitu, rasa seblak original juga masih banyak sekali penggemarnya lho!

3. Charcoal Burger

Menikmati burger dengan lapisan roti putih biasa memang sudah terlalu biasa. Nahhh bagaimana dengan burger dengan lapisan roti (bun) berwarna hitam arang? Pasti penasaran bagaimana rasanya.

Charcoal burger yang terlihat hitam arang ini tidak memiliki rasa arang lho, hanya warna roti bunnya saja yang hitam tapi rasanya memang lezat.

4. Serabi

Makanan yang dibuat dari adonan tepung beras atau terigu ini menjadi salah satu favorit ketik berkunjung ke kota kembang, khususnya yang dimasak dengan tungku dan cetakan dari tanah liat.

Awalnya serabi hanya dikenal denga 1 rasa yaitu gula jawa dan sata kelapa. Namun dengan perkembagan zaman banyak warung serabi yang memodifikasi dengan bumbu dan isian beragam diantaranya: oncom, telur, coklat, keju, dan masih banyak lagi.

5. Kue Cubit

Selain cireng, Bandung juga terkenal dengan kue cubit. Jajanan ini memang sudah karib sejak di bangku sekolah dan sekarang jenisnya makin inovatif dan mengguggah selera.

Salah satu yang kesohor adalah kue cubit gree tea. Kue cubit terbuat dari tepung terigu, telur, gula pasir yang diolah mejadi adonan kemudian dimasak dalam cetakan hingga matang atau bertekstur empuk. Namun, banyak juga yang menyukai dalam keadaan setengah matang sehingga ada efek lumer dan lembut di lidah.

KEYWORD :

Bandung Kuliner Kekinian Kue Cubit Seblak




JURNAS VIDEO :

PILIHAN REDAKSI :