Minggu, 18/11/2018 13:14 WIB

Qhoirunnisa, Muslimah Berhijab yang Jago Freestyle

Seperti seorang freestyler pada umumnya, bola dibuat mengikuti gerakan akrobatik tubuhnya yang lincah.

Qhoirunnisa Endang Wahyudi (Foto: AFP)

Kuala Lumpur – Sepak bola memang olahraga yang didominasi oleh laki-laki. Kendati demikian, bukan berarti perempuan tak boleh menyukai olahraga yang mendunia ini. Dan inilah yang dilakukan oleh muslimah berhijab asal Malaysia, Qhoirunnisa.

Qhoirunnisa Endang Wahyudi, demikian nama lengkapnya, jago memainkan si kulit bundar lewat sentuhan kedua kakinya. Seperti seorang freestyler pada umumnya, bola dibuat mengikuti gerakan akrobatik tubuhnya yang lincah.

“Jilbab bukan hambatan,” ujar mahasiswa 18 tahun itu kepada AFP di Klang, Kuala Lumpur.

“Hal itu cukup normal. Hanya tinggal bagaimana kamu mengatasinya,” lanjut Qhoirunnisa.

Dilansir dari AFP, lebih dari 60 persen dari 32 juta orang di Malaysia adalah Muslim. Hampir sebagian besar perempuan di Negeri Jiran mengenakan jilbab tradisional dan pakaian longgar, agar sesuai dengan hukum kesopanan yang berlaku di dalam Islam.

Namun kata Qhoirunnisa, Islam tak membatasi perempuan berolahraga. Remaja yang menyukai freestyle ini sejak 2016 ini, berlatih dan mempelajari trik dengan bermodalkan video YouTube.

“Dengan freestyle, Anda bebas selama tidak menunjukkan tubuh Anda,” kata gadis tersebut. Dia mengaku telah mendapatkan restu keluarga untuk menyalurkan hobinya ini.

Kepada jurnalis, Qhoirunnisa menuturkan berlatih sebanyak empat hingga lima kali dalam seminggu. Latihan yang dia lakukan antara lain, keseimbangan, menendang, dan melakukan trik-trik freestyle.

“Menjadi perempuan bukan halangan. Kamu bisa aktif dalam berolahraga,” tutur perempuan yang mengidolakan Zinedine Zidane itu.

TAGS : Qhoirunnisa Freestyle Unik Malaysia




TERPOPULER :