Selasa, 20/11/2018 00:22 WIB

NATO Desak Korut Percepat Denuklirisasi Nuklir

Para pemimpin negara anggota NATO menyerukan kepada masyarakat internasional menekan Korea Utara untuk mempercepat denuklirisasi nuklir militernya

Ilustrasi bendera anggota NATO (foto: google)

Jakarta - Para pemimpin negara anggota NATO menyerukan kepada masyarakat internasional menekan Korea Utara untuk mempercepat denuklirisasi nuklir militernya. NATO juga ingin penerapan sepenuhnya sanksi PBB terhadap Korut.

Para pemimpin yang berpartisipasi dalam KTT NATO dua hari di Brussels menandatangani deklarasi pada Rabu menyerukan peningkatan tekanan pada Pyongyang dan menegaskan kembali dukungan penuh aliansi untuk tujuan denuklirisasi lengkap Semenanjung Korea yang dapat diverifikasi dan tidak dapat diubah.

Para pemimpin NATO menyambut baik perundingan baru-baru ini dengan Korea Utara oleh para pemimpin Korea Selatan dan Amerika Serikat sebagai kontribusi untuk mencapai denuklirisasi sepenuhnya yang terakhir diverifikasi Korut secara damai.

“Kami menyerukan kepada Korea Utara] untuk sepenuhnya melaksanakan kewajiban internasionalnya, untuk menghilangkan kemampuan senjata nuklir, kimia, dan biologisnya serta rudal balistik, serta meninggalkan semua program terkait hal tersebut,” kata pihak NATO dalam pernyataan resminya dilansir PressTV.

Pyongyang dianggap mengecewakan karena melanggar beberapa resolusi Dewan Keamanan PBB dengan uji coba rudal nuklir dan balistik. Hal itu membuat para pemimpin di KTT NATO menyerukan kepada Korut untuk bergabung kembali dengan Perjanjian Non-Proliferasi (NPT) dan untuk menyetujui Konvensi Senjata Kimia (CWC).

Selama KTT yang banyak dipublikasikan di Singapura bulan lalu, Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un menandatangani dokumen singkat yang menyebutkan bahwa kedua pihak berkomitmen untuk bekerja menuju denuklirisasi lengkap dari Semenanjung Korea.

TAGS : NATO Korut Denuklirisasi Nuklir




TERPOPULER :