Jum'at, 20/07/2018 13:52 WIB

Bom Saat Kampanye di Pakistan Tewaskan 12 Orang

Insiden itu terjadi di Yakatoot, di Kota Peshawar, di mana Partai Nasional Awami (ANP) menggelar kampanye

Ilustrasi ledakan yang pernah terjadi di Pakistan

Islamabad  - Sedikitnya 12 orang termasuk seorang kandidat anggota dewan provinsi tewas dan 35 luka-luka setelah seorang pengebom bunuh diri saat kampanye sedang berlangsung di barat laut Pakistan pada Selasa (10/7) malam waktu setempat.

Menurut kepolisian, insiden itu terjadi di Yakatoot, di Kota Peshawar, di mana Partai Nasional Awami (ANP) menggelar kampanye. "Rupanya itu adalah serangan bom bunuh diri dan pelaku meledakkan dirinya di dekat (kandidat) Haroon Bilour," ujar  seorang petugas polisi, Atiq Shah.

Menurut juru bicara Lady Reading Hospital, Zulfiqar Babakhel, Bilour meninggal dunia saat dilarikan ke rumah sakit dalam kondisi kritis. Selain itu, beberapa dari 35 korban luka juga berada dalam kondisi kritis.

Haroon Bilour adalah seorang kandidat anggota dewan provinsi untuk pemilihan umum 25 Juli. Dia adalah putra Bashir Bilour, pemimpin ANP dan mantan menteri senior Provinsi Khyber Pakhtunkhwa, yang juga meninggal dunia karena serangan bunuh diri di tahun 2012.

Hingga saat ini belum ada kelompok militan yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu, namun Taliban Pakistan telah mengklaim bertanggung jawab atas serangan sebelumnya terhadap para pemimpin ANP di provinsi itu.

Serangan itu terjadi setelah sebuah bom meledak di pinggir jalan dekat rapat umum pemilihan umum di distrik Bannu pekan lalu, melukai tujuh orang, termasuk seorang calon anggota dewan provinsi Muttahida Majlis-e-Amal (MMA).

Peshawar yang berbatasan dengan distrik Khyber, dulunya merupakan kubu militan Pakistan. Setelah operasi militer pada Juli lalu, tentara Pakistan mengatakan bahwa ratusan militan melarikan diri ke daerah perbatasan Afghanistan.

Otoritas Pakistan mengklaim bahwa mereka yang melarikan diri telah mendirikan tempat persembunyian di provinsi Kunar, Noristan, dan Nangrahar di Afghanistan. Bulan lalu, pemimpin Taliban Pakistan Mullah Fazlullah tewas dalam serangan drone Amerika Serikat di Provinsi Kunar. (AA)

TAGS : Bom Pakistan Teroris




TERPOPULER :