Senin, 16/07/2018 17:32 WIB

Penyelaman Tahap Ketiga Gua Tham Luang Dimulai

Proses evakuasi sudah dimulai pada Selasa (10/7) pukul 10.08 pagi, dengan melibatkan 19 penyelam elit

Penyelamatan para bocah yang terjebak di Gua di Thailand Utara (Foto: Reuters)

Bangkok – Tim penyelam memulai penyelaman tahap ketiga untuk menyelamatkan sisa lima anak laki-laki dan pelatih mereka, yang terperangkap lebih dari dua pekan di dalam gua Tham Luang.

Dilansir dari Associated Press, proses evakuasi sudah dimulai pada Selasa (10/7) pukul 10.08 pagi, dengan melibatkan 19 penyelam elit yang terdiri dari warga negara asing dan SEAL Angkatan Laut Thailand.

“Kami harap tidak ada kondisi yang tidak biasa. Empat anak laki-laki dan satu pelatih, ditemani oleh seorang dokter, tiga petugas SEAL Angkatan Laut Thailand yang sudah ada di dalam sejak hari pertama,” ujar Kepala Tim Evakuasi Narongsak Osatanakorn kepada awak media.

“Mereka (tim dokter, Red) akan keluar pertama kali dari gua tersebut,” imbuh Narongsak.

Narongsak menekankan, penyelamatan ketiga ini kemungkinan besar memakan waktu lebih lama dari dua misi sebelumnya, yang telah berhasil menyelamatkan delapan anak.

Dalam konferensi pers, Sekretaris Kementerian Kesehatan Umum Jesada Chokdummrongsuk mengatakan, empat anak laki-laki pertama diselamatkan berusia 12 hingga 16 tahun, sekarang sudah dapat makan normal.

“Dua dari mereka memiliki infeksi paru-paru, tetapi delapan anak itu umumnya sehat,” terang Jesada.

TAGS : Gua Thailand Banjir




TERPOPULER :